Koarmada I Bakal Dipindah ke Riau, Ini Pertimbangan KSAL Yudo

Rabu, 02 Maret 2022 - 16:20 WIB
loading...
Koarmada I Bakal Dipindah ke Riau, Ini Pertimbangan KSAL Yudo
KSAL TNI Yudo Margono menyampaikan arahan saat Tactical Floor Game (TFG) di Mako Koarmada I, Jakarta, Selasa (19/10/2021). FOTO/SINDOnews/YULIANTO
A A A
JAKARTA - TNI AL bakal memindahkan Komando Armada ( Koarmada) I ke wilayah Tanjung Uban, Kepulauan Riau. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyebut kerawanan lingkungan startegis menjadi salah satu alasan pemindahan.

"Untuk pemindahan Koarmada I, perkembangan lingkungan strategis yang sekarang kita tahu semuanya, khususnya di Laut Cina Selatan, di Singapura, Selat Malaka, dan Baratnya Sabang, perbatasan dengan India ini memerlukan pengawasan yang khusus di wilayah barat," kata Yudo di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (2/3/2022).

Yudo mengatakan setiap kali menggeser Armada ke Natuna, selalu tidak efektif karena dinilai terlalu jauh. Sebab, saat ini Koarmada I masih berkantor di Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Menurutnya, jika Koarmada I dipindahkan ke Kepulauan Riau, maka akan menjadi lebih dekat untuk pergeseran pasukan maupun alutsista.



"Selama ini kalau kita menggeser kapal ke sana selalu tidak efektif dari Jakarta jauh sekali ke Natuna. Sehingga pangkalannya nanti kita geser ke Tanjung Uban, di sana lebih dekat atau efektif untuk melaksanakan pergeseran unsur-unsur kita ke Natuna maupun Selat Malaka, atau Singapura," katanya.

Lebih jauh dikatakan Yudo, pemindahan tersebut masih dalam rencana. Kendati demikian, pihaknya sudah melaporkan langsung ke Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Tapi ini masih wacana, belum diputuskan, kemarin sudah diajukan ke Panglima TNI, terus kemudian saya tinjau kemarin, dan nantinya masih ada rapat-rapat karena memerlukan sarana prasarana yang tentunya tidak sedikit," katanya.

Baca juga: KSAL Tinjau Kesiapan Sarana dan Prasarana Tanjung Pinang, Calon Lokasi Baru Mako Koarmada I?
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)