Saksikan Kejurnas Ju-jitsu, Hasto Dorong Dunia Politik Belajar Sportivitas Olahraga

Minggu, 04 Desember 2022 - 19:30 WIB
loading...
Saksikan Kejurnas Ju-jitsu, Hasto Dorong Dunia Politik Belajar Sportivitas Olahraga
Sekjen PDIP menyaksikan Kejurnas Ju-jitsu Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Cup di Yoogyakarta. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto rileks sejenak dari dunia politik. Dia menghadiri kejuaraan nasional seni bela diri Ju-jitsu di Yogyakarta, Minggu (4/12/2022).

Dewan Pembina PBJI itu terlihat menikmati pertandingan di kelompok putra maupun putri. Tak tanggung-tanggung, dari pagi hingga sore Hasto mengikuti kejuaraan nasional Ju-jitsu Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Cup tersebut

Ditemani Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. Mukti Arja Berlian dan Sekjen PBJI Dedy Triharjanto, Hasto beberapa kali berdiri dari kursinya melihat atlet Ju-jitsu yang sedang bertarung ketat. Bahkan mereka pindah tempat agar lebih dekat dengan matras duel Ju-jitsu tersebut.

Baca juga: Hasto Kristiyanto Ngaku Pernah Kena Sanksi PDIP

"Ju-jitsu tak hanya mengajarkan kedisiplinan, semangat pantang menyerah, dan dalam pertandingan tadi kita lihat bagaimana spirit itu muncul bahkan dalam salah satu seni bela diri yang ditampilkan, terlihat para atlet Ju-jitsu mampu menggunakan energi dari lawan kemudian mengunci serangan lawan itu," kata Hasto saat memberi sambutan.

Spirit ini, kata Hasto, bisa diterapkan dalam tingkat nasional, bagaimana kita bersaing dengan bangsa-bangsa lain. "Kalau kita menggunakan energi persaingan itu sebagaimana kita analogikan dengan Ju-Jitsu yang mampu melihat kelemahan serangan lawan, dan bahkan menggunakannya untuk mengunci balik serangan tersebut maka kita pun bisa gunakan jurus nasional kita untuk mengunci kekuatan ‘lawan’ dalam persaingan global dengan negara lain. Ini luar biasa filosofinya," urai Hasto.

Hasto menyinggung spanduk yang bertuliskan the art of war di berbagai sudut area kejurnas. Disebutnya, Ju-jitsu juga lahir dari semangat samurai, dari suatu tatanan moral berjuang dengan ketekunan, disiplin, dan tak pernah menyerah.

"Semangat ini kita gelorakan. Semangat mengandung seni dan tekat yang sangat kuat. Mengandung spirit perjuangan bagaikan api tak kunjung padam. Karena itulah saya bersedia menjadi salah satu pembina dari pengurus besar Jujitsu ini," tambah Hasto.

Dari Sekjen PBJI, Hasto mendapatkan informasi bahwa anggota Ju-jitsu Indonesia terbesar di dunia, mencapai 50 ribu orang. Untuk diketahui, saat ini Ju-jitsu memiliki beberapa sistem termasuk dari Jepang dan Brasil.

Hasto mengatakan dirinya akan berkomunikasi dengan Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi yang juga pembina PBJI agar dapat mendorong peningkatan kualitas atlet Indonesia, dengan menghadirkan pelatih terbaik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1566 seconds (11.210#12.26)