PDIP: Rakyat Itu Terhormat Bukan Objek Jual Beli Suara

Sabtu, 03 Desember 2022 - 18:43 WIB
loading...
PDIP: Rakyat Itu Terhormat Bukan Objek Jual Beli Suara
Politikus muda PDIP, Adian Napitupulu menjadi pembicara dalam rapat kerja daerah (Rakerda) PDIP Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Sabtu (3/12/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Anggota dan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) diminta melihat rakyat secara terhormat, bukan sekadar objek jual beli suara saat pemilu. Rakyat harus dikelola dan menjadi subjek bernegara, sehingga harus diajak komunikasi dengan baik.

Hal ini disampaikan dua politisi muda PDIP, Adian Napitupulu dan Bane Raja Manalu saat mendampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menghadiri rapat kerja daerah (Rakerda) PDIP Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Sabtu (3/12/2022).

Adian Napitupulu berbicara di hadapan ratusan kader utama PDIP se-Kalsel bertema membangun dedikasi dan semangat juang kader partai. Menurut Adian, seluruh anggota dan kader PDIP adalah aktivis pergerakan yang tugasnya cuma satu, yakni mengorganisasi rakyat.



"Karena tanpa mengorganisir diri dan rakyat, kita bukan siapa-siapa. Kalau kita sendiri, kita bukan siapa-siapa," kata Adian.

"Bagaimana cara mengorganisir rakyat? Uang bukanlah jawabannya. Suara rakyat tak perlu dibayar dengan uang amplop. Rakyat tak boleh jadi objek jual beli, rakyat itu terhormat," katanya.

Maka langkah pertama, kata Adian, hilangkan pikiran bahwa rakyat yang dwakili sekadar diberi amplop berisi uang. Kedua, berbuat yang terbaik, maka rakyat tidak akan bertanya agama dan suku, tapi melihat ketulusan dari tindakan.

Adian lalu bercerita panjang tentang apa yang dia lakukan di Pongkor, Bogor, Jawa Barat. Anggota DPR ini menginisiasi warga untuk membentuk koperasi, sehingga dibolehkan menambang atas Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Pongkor yang dimiliki BUMN. Rakyat yang dulunya ditangkapi, setelah diorganisasi dilatih manajemen, tata cara menambang yang memenuhi standar keselamatan, dan kemudian bergabung di dalam koperasi. Koperasi dengan anggota yang telah dilatih tersebut kini sudah boleh menambang. Bahkan dalam 6 bulan ke depan, koperasi rakyat ini sudah akan mengolah sendiri.

"Saya lakukan bukan demi suara. Tapi sederhana, berbuat baik ke rakyat dan rakyat akan tahu siapa yang berbuat baik dengan tulus," ujar Adian.

Baca juga: PDIP Instruksikan Kader Turun ke Bawah untuk Menangkan Pemilu 2024
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)