Antisipasi Ricuh Pemilu 2024, KPU Siapkan Ribuan Pamdal Mirip Pasukan Anti Huru-hara

Jum'at, 02 Desember 2022 - 22:08 WIB
loading...
Antisipasi Ricuh Pemilu 2024, KPU Siapkan Ribuan Pamdal Mirip Pasukan Anti Huru-hara
KPU menyiapkan ribuan personel pengamanan dalam (Pamdal) yang mirip pasukan anti huru-hara. Hal ini guna mengantisipasi adanya kericuhan pada Pemilu 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan ribuan personel pengamanan dalam (Pamdal) yang mirip pasukan anti huru-hara. Hal ini guna mengantisipasi adanya kericuhan pada Pemilu 2024 .

Pasukan tersebut bernama, 'Jagat Saksana' mereka, juga sempat dipertontonkan dalam simulasi penanganan demo sengketa Pemilu di Pantai Ancol, Jakarta Utara dalam acara rapat konsolidasi KPU .



Menurutnya, penyiapan kapasitas pamdal semacam ini krusial bagi KPU sebagai lembaga yang memiliki kantor dari pusat dan tersebar hingga seluruh kota dan kabupaten.



Hasyim menambahkan, pada Pemilu dan Pilkada 2024, ekskalasi konflik kemungkinan meningkat. Oleh karena itu, pasukan tersebut bakal ada di setiap Kota hingga Kabupaten.

"Yang namanya Pemilu, Pilkada, adalah konflik yang dianggap sah dan legal untuk meraih kekuasaan atau mempertahankan kekuasaan," tutup Hasyim.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)