Soeharto, Satu-satunya Jenderal TNI yang 8 Kali Jadi Panglima

Jum'at, 02 Desember 2022 - 19:09 WIB
loading...
Soeharto, Satu-satunya Jenderal TNI yang 8 Kali Jadi Panglima
Mantan Presiden Soeharto merupakan satu-satunya jenderal TNI yang pernah menjadi panglima sebanyak 8 kali sepanjang hidupnya. Foto/tni.mil.id
A A A
JAKARTA - Seorang jenderal TNI tentu berpeluang besar menjadi panglima perang atau operasi militer. Namun tak banyak jenderal TNI yang bisa menduduki jabatan panglima. Sebab hanya butuh satu panglima dalam sebuah perang atau operasi mililter.

Di antara sedikit orang itu, ada satu jenderal TNI yang pernah menduduki delapan jabatan panglima. Dialah Soeharto, mantan presiden yang berkuasa di Indonesia selama 32 tahun.

Soeharto, Satu-satunya Jenderal TNI yang 8 Kali Jadi Panglima

Foto/Istimewa

Soeharto lahir di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Sebelum menjadi presiden, Soeharto adalah pemimpin militer pada masa pendudukan Jepang dan Belanda, dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal.

Di dunia internasional, Soeharto dijuluki sebagai "The Smiling General" atau Jenderal yang Tersenyum. Ini tak lain karena raut muka Soeharto yang selalu tersenyum di setiap acara resmi kenegaraan.

Baca juga: Soeharto Dituding Terlibat G30S/PKI Gara-gara Tidak Menjadi Target Pembunuhan

Apa saja jabatan panglima yang diduduki Soeharto?

1. Panglima Tentara Teritorium IV Diponogoro (1956)
Dikutip dari tni.mil.id, Soeharto merupakan pimpinan Brigade X berpangkat Letnan Kolonel yang berperan melakukan Serangan Umum 1 Maret 1949 dan berhasil menduduki Kota Yogyakarta selama enam jam. Empat tahun kemudian, dia dipindahtugaskan ke Markas Divisi sebagai Komandan Resimen Infenteri 15.

Pada 3 Juni 1956, Soeharrto diangkat menjadi Kepala Staf Panglima Tentara dan Teritorium IV Diponegoro di Semarang. Dari Kepala Staf, di tahun yang sama dia diangkat menjadi pejabat Panglima Tentara dan Teritorium IV Diponegoro. Pangkat Soeharto dinaikkan menjadi kolonel pada 1 Januari 1957.

2. Panglima Korp Tentara I Caduad (1961)
Hanya dua tahun setelah menjabat sebagai Panglima Tentara dan Teritorium IV Diponegoro, Soeharto nyaris dibawa ke pengadilan militer lantaran kasus pungli. Namun dia urung diadili dan hanya dipecat dari posisinya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2135 seconds (10.177#12.26)