3 Jenderal Polisi Kelahiran Kota Pahlawan, Nomor 2 Pernah Jabat Kapolda di Tiga Wilayah Berbeda

Jum'at, 02 Desember 2022 - 16:32 WIB
loading...
3 Jenderal Polisi Kelahiran Kota Pahlawan, Nomor 2 Pernah Jabat Kapolda di Tiga Wilayah Berbeda
Terdapat sejumlah Jenderal Polisi kelahiran Surabaya yang memiliki riwayat karier mentereng.
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Jenderal Polisi kelahiran Surabaya yang memiliki riwayat karier mentereng. Salah satunya bahkan pernah menjabat sebagai Kapolda di tiga wilayah berbeda.

Dalam sejarahnya, Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Bukan tanpa alasan, hal ini didasarkan pada banyaknya para pejuang kemerdekaan yang berasal dari daerah tersebut.

Baca juga : Kepolisian Diminta Tiru Keteladanan Jenderal Polisi Hoegeng

Seiring waktu, muncul juga putra-putri terbaik Surabaya yang meraih banyak prestasi membanggakan, termasuk salah satunya dari instansi Polri. Dari sekian banyak, sejumlah nama bahkan telah mencatatkan karier cemerlang dan meraih pangkat tinggi.

Berikut deretan Jenderal Polisi kelahiran Kota Pahlawan yang memiliki riwayat karier cemerlang.

1. Irjen Pol Nico Afinta

Irjen Pol Nico Afinta merupakan perwira tinggi (pati) Polri yang kini menjabat Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri (Sahliososbud Kapolri). Pria kelahiran Surabaya, 30 April 1971 ini adalah lulusan Akpol 1992 dan berpengalaman di bidang Reserse.

Sepanjang kariernya, tercatat Nico Afinta telah banyak menempati jabatan-jabatan strategis di instansinya. Sebut saja seperti Dirresnarkoba Polda Metro Jaya (2016), Dirreskrimum Polda Metro Jaya (2016), Dirtipidum Bareskrim Polri (2019), Sahliosospol Kapolri (2019), Kapolda Kalimantan Selatan (2020), hingga Kapolda Jawa Timur (2020).

Baca juga : 6 Jenderal Polisi Dilantik Jadi Pejabat di KPK

2. Irjen Pol. (Purn) Machfud Arifin

Jenderal Polisi kelahiran kota pahlawan berikutnya adalah Irjen Pol. (Purn) Machfud Arifin. Dalam riwayatnya, pria kelahiran Gayungan, Surabaya, 6 September 1960 ini memiliki karier yang cukup mentereng di kepolisian.

Jenderal Polisi asal Kota Pahlawan ini pernah menempati posisi Kapolda di 3 wilayah yang berbeda, yakni Kapolda Maluku Utara, Kapolda Kalimantan Selatan, serta Kapolda Jawa Timur.

Selain itu, Machfud Arifin juga pernah menjabat sebagai Wadir V/Tipiter Bareskrim Polri, Dirsatwa Baharkam Polri, Kadiv TI Polri, Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri, dan lainnya.

3. Brigjen Pol. Tri Maryanto

Brigjen Pol. Tri Maryanto lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 4 Maret 1962. Purnawirawan Polri ini diketahui sebagai lulusan Akpol 1985 dan memiliki riwayat karier yang cukup baik.

Beberapa jabatan yang pernah didudukinya diantaranya adalah Dirpamobvit Polda Jatim (2011), Kapolrestabes Surabaya (2012), Irwasda Polda Jateng (2013), Wakapolda Gorontalo (2014), hingga Irbidjemenops II Itwil II Itwasum Polri (2016).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4243 seconds (0.1#10.140)