Askar Kauny Bantu Atasi Trauma Penyintas Gempa Cianjur Lewat Quranic Healing

Jum'at, 02 Desember 2022 - 06:52 WIB
loading...
Askar Kauny Bantu Atasi Trauma Penyintas Gempa Cianjur Lewat Quranic Healing
Askar Kauny Foundation memberikan layanan Psikososial Quranic Healing Metode Kauny Quran untuk para santri dan anak-anak penyintas gempa Cianjur. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Askar Kauny Foundation memberikan layanan Psikososial Quranic Healing Metode Kauny Quran untuk para santri dan anak-anak penyintas gempa Cianjur . Berdasarkan data BNPB per 29 November 2022, sebanyak 14.490 rumah rusak imbas bencana gempa Cianjur pada 21 November 2022 termasuk Ma’had Abdullah Ibnu Abbas, Dusun Pasir Sapi, Desa Sukamulya, Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Manager Program Askar Kauny Ranus Saputra mengatakan ada 3 korban jiwa terkena imbas gempa Cianjur. Anak dan istri Ustaz Agus, pengajar Ma’had Abdullah Ibnu Abbas, serta seorang tukang bangunan yang sedang membangun asrama di lokasi Ma’had.

“90 anak-anak di sekitar lokasi terdampak, termasuk 40 santri Ma’had Abdullah Ibnu Abbas yang terkena imbas gempa Cianjur secara fisik dan psikis mendapat layanan psikososial Quranic Healing Metode Kauny. Perhatian khusus kami berikan untuk para penyintas yang mayoritas anak-anak dan santri,” kata Ranus Saputra, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: Posko Kemensos di Cianjur: Pagi Ajak Bermain Anak-anak Korban Gempa, Malam Nobar Piala Dunia

Dia menjelaskan, Quranic Healing Metode Kauny Quran didampingi oleh Ustaz Hidayadi Salim, relawan guru Al-Qur'an Askar Kauny Foundation. Kemudian, Ranus menjelaskan Quranic Healing Metode Kauny jadi salah satu pelayanan yang diberikan melalui relawan untuk mengatasi trauma para penyintas terutama anak-anak.

“Kami berikhtiar dengan Quranic Healing Metode Kauny, teman-teman penyintas dapat mengatasi kenangan kurang menyenangkan di dalam hidup mereka dengan kembali kepada Al-Qur’an,” tuturnya.

“Melalui Metode Kauny dengan ciri khas melantunkan ayat Al-Qur’an melalui gerakan, kami berharap para penyintas perlahan mampu menyembuhkan diri dengan cara yang asik dan menyenangkan,” sambungnya.

Terakhir, Ranus mengatakan Askar Kauny akan terus memberikan layanan Quranic Healing Metode Kauny untuk sebulan ke depan di dua titik lainnya yaitu Posko 1 di Kampung Pasir Sapi, Desa Sukamulya dan Posko 2 di kampung Giriharja, Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang untuk para santri dan anak-anak penyintas gempa Cianjur.

"Insya Allah, kami akan istiqomah untuk membantu mengurangi trauma para penyintas gempa Cianjur, semoga Allah menguatkan dan selalu melindungi mereka," pungkas Ranus.
(rca)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2865 seconds (11.252#12.26)