BNPB: Pembangunan Hunian Pascagempa Cianjur Mencapai 80%

Sabtu, 09 September 2023 - 14:38 WIB
loading...
BNPB: Pembangunan Hunian Pascagempa Cianjur Mencapai 80%
Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan saat ini pembangunan hunian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah mencapai 80%. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) melaporkan saat ini pembangunan hunian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah mencapai 80%. BNPB memberikan Dana Tunggu Hunian ( DTH ) kepada para korban terdampak rumah rusak berat yang belum selesai dibangun.

Penyerahan DTH secara simbolis oleh Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansah bersama Wakil Ketua Komisi VIII DPR Diah Pitaloka, berlangsung di Aula Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, kemarin.

Jarwansah mengatakan dalam rangka percepatan pemulihan pascabencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, pemerintah melalui BNPB telah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana baik melalui dana rehabilitasi dan rekonstruksi untuk pembangunan rumah rusak dan DTH bagi warga yang masuk kategori rumah rusak berat akibat bencana yang masih menunggu rumahnya selesai dibangun.





"Cianjur sudah memasuki bulan ke-10, progres pembangunan rumah yang sudah selesai mencapai 80%, dan sisanya 20% lagi masih berproses. Khusus yang rusak berat yang direlokasi, kami memberikan Dana Tunggu Hunian sebesar Rp500 ribu per KK per bulan sambil menunggu rumahnya selesai dibangun,” kata Jarwansah dalam keterangan resminya, Sabtu (9/9/2023).

Dia menuturkan, bantuan DTH yang diberikan kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi Cianjur sebesar Rp500 ribu per kepala keluarga per bulan diprioritaskan kepada masyarakat yang rumah tinggalnya masuk dalam kategori rusak berat akibat bencana dan tidak layak huni karena tinggal atau berada di kawasan zona merah sesuai dengan rekomendasi kementerian atau lembaga terkait.

"Pemberian DTH rencananya akan diberikan untuk 6 bulan, namun pencairannya dilakukan menjadi 3 tahap atau per 2 bulan sebesar Rp1 juta per kepala keluarga," jelasnya.

Penyaluran DTH kepada masyarakat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, berdasarkan laporan realisasi penggunaan bantuan DTH yang telah disalurkan melalui BPBD Kabupaten Cianjur kepada masyarakat terdampak bencana sebanyak 4.006 KK atau sebesar Rp2,003 miliar.

Sedangkan tahap kedua bantuan DTH yang disalurkan oleh BNPB sebesar Rp10 miliar dengan yang telah disalurkan ke rekening masyarakat sebanyak 103 KK dari 190 KK penerima DTH yang sudah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Cianjur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)