Posko Kemensos di Cianjur: Pagi Ajak Bermain Anak-anak Korban Gempa, Malam Nobar Piala Dunia

Kamis, 01 Desember 2022 - 07:05 WIB
loading...
Posko Kemensos di Cianjur: Pagi Ajak Bermain Anak-anak Korban Gempa, Malam Nobar Piala Dunia
Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada para penyintas gempa Cianjur pada Senin (21/11/2022). Foto/Kemensos
A A A
JAKARTA - Kementerian Sosial ( Kemensos ) memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada para penyintas gempa Cianjur pada Senin (21/11/2022). LDP merupakan salah satu arahan langsung Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada jajaran Kemensos yang bertugas di lapangan.

LDP menyasar anak-anak, orang dewasa, dan lansia. LDP bertujuan guna meminimalisasi rasa cemas dan trauma yang dialami para penyintas usai dilanda bencana gempa bumi di sebagian besar wilayah Kabupaten Cianjur.

LDP diberikan oleh Sentra Rehabilitasi Sosial milik Kemensos yang ditugaskan di setiap titik pengungsian, seperti pengungsian di Lapangan Cariu, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang. Sentra Terpadu Pangudi Luhur (STPL) di Bekasi menjadi penanggung jawab untuk setiap aspek di titik ini.

Baca juga: Kisah Korban Gempa Cianjur yang Tergugah Jadi Relawan



“Kami menghibur, memberikan layanan dukungan psikososial bagi anak-anak penyintas bencana supaya mereka senang, mereka bisa melupakan rasa takut, rasa cemas yang mereka alami,” kata petugas LDP dari STPL di Bekasi Wisnu Permana dalam keterangannya, Kamis (1/12/2022).

Saat ini, kata dia, tim LDP masih berfokus untuk menghibur anak-anak dengan beragam permainan dan kegiatan menggambar, serta mewarnai. “Saat ini, anak-anak masih kami ajak melakukan hal-hal sederhana, bermain, menggambar dan mewarnai. Nanti, sambil berjalan, baru kita masukkan edukasi-edukasi di dalamnya,” tuturnya.

Kemensos juga turut melibatkan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk terlibat dalam penanganan pascabencana, termasuk pemberian LDP kepada penyintas seperti yang dilakukan para relawan Tagana dari Provinsi Jawa Timur.

Sejak tiba di Cianjur pada Rabu (23/11/2022), 18 personel yang terdiri dari 14 personel di dapur umum dan 4 di LDP langsung melakukan tugas masing-masing. Umar Faqeh misalnya, salah satu anggota Tagana Jatim yang mendapat tugas di posko LDP Lapangan Cariu, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang ini mengelaborasi rutinitas harian yang dilakukannya bersama anak-anak penyintas di tenda LDP.

“Untuk kegiatan LDP, setiap hari, kita awali dengan senam pagi di Lapangan Cariu. Senam pagi ini mayoritas diikuti anak-anak, ada juga sebagian ibu-ibu. Tujuannya, untuk peregangan, menguatkan fisik sebelum menjalani aktivitas selanjutnya,” ucap Umar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1981 seconds (11.252#12.26)