KLHK Tegaskan Komitmennya Menjaga Keseimbangan Lingkungan dan Sosial

Kamis, 01 Desember 2022 - 20:13 WIB
loading...
KLHK Tegaskan Komitmennya Menjaga Keseimbangan Lingkungan dan Sosial
KLHK meraih peringkat pertama Indonesias Sdgs Action Awards 2022. Penghargaan diserahkan oleh Kepala PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa kepada Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono mewakil Menteri LHK Siti Nurbaya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih peringkat pertama Indonesia's Sdgs Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga. Penghargaan diserahkan oleh Kepala PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa kepada Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mewakil Menteri LHK Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya menyampaikan, pelaksanaan TPB/Sdgs di KLHK pada prinsipnya ialah upaya pencapaian kinerja dari seluruh program yang ada, karena nilai yang diusung dalam pembangunan LHK ialah pembangunan berkelanjutan.

"Kegiatan yang dilakukan di lingkup KLHK berperan dalam pencapaian pilar sosial, pilar lingkungan dan pilar tatakelola Sdgs di Indonesia. Komitmen ini juga selaras dengan upaya pencapaian target NDC," kata Siti Nurbaya dalam keterangannya, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: KLHK Sebut Sejumlah Isu yang Diangkat Indonesia Direspons Positif Delegasi G20

Sementara itu Bambang mengungkapkan, jika selaras dengan RPJMN 2020-2024 dan prinsip Sustainable Development Goals (Sdgs), sumber daya alam hutan dan lingkungan Indonesia yang berkeunggulan komparatif dan kompetitif harus dikelola secara berkeadilan untuk mendorong pertumbuhan.

"Penyediaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan memperkecil kesenjangan. Dalam mencapai tujuan bersama tersebut, kedaulatan negara dan peradaban sosial masyarakatnya harus terjamin," jelas Bambang pada pembukaan Sdgs Annual Conference 2022 atau SAC 2022, di Jakarta.

KLHK dipilih menjadi pemenang pertama oleh dewan juri karena dinilai konsisten dan terus berinovasi dalam implementasi pengarusutamaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sdgs atau agenda 2030.

Anugerah Indonesia's Sdgs Action Awards 2022 sendiri memiliki 11 (sebelas) kategori, yaitu, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, lembaga penelitian, pelaku usaha besar, pelaku usaha kecil dan menengah, organisasi masyarakat sipil, filantropi, organisasi orang muda, dan media.

Penyelenggaraan Indonesia Sdgs Action Awards 2022 adalah dalam rangka memberikan apresiasi bagi pemerintah dan aktor nonpemerintah yang konsisten mendukung pelaksanaan Sdgs di Indonesia.

Sdgs Annual Conference 2022 mengambil tema "Mendorong Aksi Nyata Ekonomi Hijau untuk Mencapai Sdgs". Turut hadir mendampingi Sekretaris Jenderal KLHK, Staf Ahli Menteri Bidang Energi, Kepala Biro Perencanaan KLHK dan jajaran.
(maf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1501 seconds (10.55#12.26)