Jokowi Minta Pemimpin ke Depan Lanjutkan Pembangunan dan Reputasi Global

Sabtu, 26 November 2022 - 15:12 WIB
loading...
Jokowi Minta Pemimpin ke Depan Lanjutkan Pembangunan dan Reputasi Global
Presiden Jokowi meminta pemimpin ke depan lanjutkan pembangunan infrastruktur dan reputasi global yang telah dibangunnya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pembangunan infrastruktur dan reputasi global yang telah dilakukannya untuk tetap dijamin keberlanjutan oleh calon pemimpin di masa depan.

"Yang sudah kita bangun harus kita jamin keberlanjutan setuju? Inilah yang harus kita jaga bersama-sama bukan hanya untuk 2024, bukan hanya 2029 tetapi untuk Indonesia Emas 2045 dan seterusnya," kata Jokowi di acara Nusantara Bersatu, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Indonesia, kata Jokowi, telah mendapatkan banyak pujian dari pemimpin-pemimpin negara lain. Hal tersebut dikarenakan Indonesia telah berhasil mengendalikan Inflasi dan meningkatkan pertumbuhan.

Baca juga: Salaman Kepala Tegak dengan Joe Biden dan Xi Jinping, Jokowi: Kita Negara Besar

"Oleh sebab itu pembangunan yang sudah kita lakukan, reputasi global yang sudah kita raih harus kita lanjutkan setuju? Saya ulangi pembangunan yang sudah kita lakukan, reputasi global yang sudah peroleh harus kita lanjutkan setuju? Dilanjutkan sampai 2029 setuju? Dilanjutkan sampai 2045 setuju? Dilanjutkan sampai seterusnya-seterusnya," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Jangan Sampai Pilih Pemimpin Senangnya Duduk di Istana yang AC-nya Dingin

"Kita ingin negara kita di 2045 menjadi 5 besar ekonomi terkuat di dunia kalau kita konsisten bekerja keras kalau kita berani memutuskan dan tidak takut terhadap negara mana pun," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Putri Kus Wisnu Wardani anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang juga sebagai Dewan Penasehat Pertiwi Indonesia mengatakan para relawan harus bersatu menjadi roda penggerak untuk menjaga momentum pembangunan yang dilakukan oleh Jokowi tidak hilang.

"Untuk itu diperlukan kehati-hatian, solid, bersatu sehingga, putaran motor penggerak ekonomi dan pembangunan yang telah dibangun dan dikerjakan saat ini tidak melambat dan dijaga momentumnya untuk terus melaju. Rakyat Indonesia perlu merawat dan menjaga baik roda ekonom dan pembangunan supaya terus berkesinambungan dan tidak berhenti," kata Putri.

Putri pun mengimbau masyarakat terutama perempuan Indonesia untuk menyatukan langkah baik secara internal maupun berkolaborasi dengan pihak lain. Sebab, pandemi global telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat mulai dari kesehatan, pendidikan, perdagangan dalam negeri dan internasional.

"Di sinilah peran Pertiwi Indonesia dalam berkontribusi untuk membina anggota perempuan sebagai ibu generasi penerus bangsa sekaligus salah satu pilar ekonomi dalam keluarga untuk maju bersama menuju Indonesia Emas 2045," kata Putri.

Selain arahan yang diberikan oleh Presiden Jokowi, para relawan juga mengumpulkan donasi untuk diserahkan kepada korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Di mana Pertiwi Indonesia juga aktif terjun langsung membuka donasi dan memberikan bantuan makanan, selimut, tenda, obat-obatan, dan sebagainya. Termasuk membuka dapur umum dan posko pengungsian buat korban bencana alam," kata Ketua Umum Pertiwi Indonesia yang juga sebagai Steering Committee Nusantara Bersatu, Antarina F. Amir.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2268 seconds (10.55#12.26)