Gelar Rakernas 2022, DPP SAHI Bahas Kebangkitan Umat

Kamis, 24 November 2022 - 16:13 WIB
loading...
Gelar Rakernas 2022, DPP SAHI Bahas Kebangkitan Umat
DPP SAHI menggelar Rakernas 2022 mengusung tema Bersama SAHI Bangkit Membangun Negeri’. Foto: MPI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Silahturahmi Haji dan Umrah Indonesia (DPP SAHI) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022, pada Kamis (24/11/2022) di salah satu hotel di Jakarta. Rakernas tahun ini mengusung tema ‘Bersama SAHI Bangkit Membangun Negeri’.

Ketua Umum DPP SAHI Abdul Khaliq Ahmad mengatakan Rakernas kali ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan SAHI selama dua tahun terakhir. Sekaligus merumuskan program-program baru sampai masa bakti kepempimpinan periode 2020–2025 berakhir.

"Jadi saya kira rakernas ini sangat strategis karena selain untuk mengevaluasi program yang sudah jalan juga merumuskan program-program yang akan kita laksanakan untuk tahun-tahun berikutnya," tutur dia.



Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan ini Abdul melanjutkan setidaknya ada tiga tujuan SAHI dibentuk hingga saat ini. Pertama menjaga kemambruran haji dan mengimplementasikan kemambruran tersebut di tengah masyarakat.

"Kalau haji hanya mabrur untuk si pelakunya saja tidak ada manfaatnya, tidak ada dampaknya ekonomi dan sosialnya kepada masyarakat. Oleh karena itu istilah haji itu tidak hanya sekedar soleh secara individual tapi juga harus oleh secara sosial," kata Abdul.

Kedua, SAHI diharapkan dapat mengukuhkan persaudaraan dan persatuan bangsa dalam kerangka NKRI. Menurutnya hal ini menjadi bagian integral yang berkewajiban bagi SAHI untuk menjaga NKRI dari gangguan dan paham kelompok manapun. "SAHI berkewajiban menjaga NKRI dari segala lini," ucapnya.

Terakhir, SAHI juga diharapkan dapat berkontribusi membangun bangsa Indonesia agar berkeadilan dan memiliki kesejahteraan yang tinggi. Oleh karenanya orientasi SAHI turut pada hal-hal yang terkait kesejahteraan umat.

"Implementasi dari tujuan ini dalam bentuk visi dan misi sudah sangat jelas bahwa kita ingin haji bagian dari bangsa Indonesia dan bagian dari kebangkitan umat Islam Indonesia," ujarnya.



Rakernas SAHI tahun 2022 dibuka Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief, juga pengarahan Ketua Dewan Pembina SAHI Siti Ma’rifah Ma’ruf Amin.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Rakernas SAHI tahun 2022 saya buka. Selamat dengan adanya Rakernas SAHI mudah-mudahan solid dan betul-betul jadi penompang ekosistem haji," ujar dia.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)