BMKG Minta Masyarakat Tak Percaya Informasi Hoaks Gempa Susulan

Kamis, 24 November 2022 - 03:37 WIB
loading...
BMKG Minta Masyarakat Tak Percaya Informasi Hoaks Gempa Susulan
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat untuk tidak mempercayai informasi hoaks terkait adanya gempa susulan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ), Dwikorita Karnawati meminta masyarakat untuk tidak mempercayai informasi hoaks terkait adanya gempa susulan. Ia menuturkan informasi hoaks tersebut rutin bermunculan saat waktu menjelang malam.

Dwikorita menyoroti informasi hoaks terkait BMKG memperingatkan adanya patahan di waduk Cirata yang akan bergeser, kemudian dikatakan BMKG tidak bisa memprediksi hal tersebut.

"Sekadar mengingatkan, hoaks itu menjelang malam suka berseliweran. Intinya pokoknya kalau ada info yang dramatis dan heboh-heboh gitu, sudah lah tidak usah dipercaya," ujar Dwikorita saat jumpa pers yang ditayangkan oleh akun YouTube BNPB, Kamis (24/11/2022).



Dwikorita pun meminta masyarakat untuk tetap mengambil informasi hanya dari lembaganya guna mencegah hoaks terus bermunculan. Tak lupa, ia meminta untuk tetap berdoa kepada Yang Maha Kuasa.



"Pokoknya percaya pada informasi dari BMKG saja, sembari tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Insyaallah, semuanya memohon perlindungan kepada Allah. Jadi jangan percaya kepada hoaks, karena akan terus bermunculan seperti itu," tegas Dwikorita.

Sebelumnya juga diberitakan, Informasi yang beredar mengenai bakal terjadi gempa di sesar Cimandiri dan meletusnya Gunung Gede adalah hoaks. BMKG meminta masyarakat tidak percaya terhadap berbagai informasi yang beredar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Berita-berita tersebut tidak benar dan kami BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut. Berita itu hanya hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat, karena isu tersebut tidak mempunyai dasar ilmiah yang jelas, " jelas Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu, Selasa (22/11/2022).

Berdasarkan penelurusan yang dilakukan, terdapat dua berita hoaks. Pertama informasi hoaks berbunyi, "Ijin melaporkan komandan situasi Terkait tingkat kewaspadaan info BMKG dan BNPB Tingkat waspada Tinggi Wilayah Sukabumi aktivitas yang di lewati Garis Pergerakan Sesar Cimandiri 1 Minggu ke depan".

"Imbauan bagi warga tetap waspada dan tidak panik serta tak berpergian dari rumah masing-masing untuk menjaga keamanan tempat tinggal masing-masing" Atas nama Muspika & Muspida Kota Sukabumi”.

Sementara berita hoaks kedua, yaitu voice note mengenai adanya cahaya seperti api menyala di Gunung Gede, yang menyebabkan terjadinya erupsi Gunung Gede sehingga mengakibatkan gempa bumi di wilayah Kampung Singa Barong dan Kampung Sarongge, Kabupaten Cianjur.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)