Simak, 5 Istilah Sepak Bola dalam Bahasa Indonesia: Nirbobol hingga Trigol

Selasa, 22 November 2022 - 12:48 WIB
loading...
Simak, 5 Istilah Sepak Bola dalam Bahasa Indonesia: Nirbobol hingga Trigol
Ilustrasi Piala Dunia 2022. Istilah seputar sepak bola sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Dok/SINDO
A A A
JAKARTA - Lima istilah sepak bola dalam bahasa Indonesia ini perlu kita ketahui. Istilah tersebut bisa kita gunakan dalam penulisan atau saat menjadi komentator pertandingan sepak bola.

Selama ini, banyak istilah sepak bola yang menggunakan bahasa Inggris. Padahal, ada juga dari istilah tersebut yang sudah dipadankan atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Berdasarkan penelusuran di kbbi.kemdikbud.go.id, berikut ini SINDOnews tampilkan lima istilah sepak bola dalam bahasa Indonesia beserta maknanya:

1. Nirbobol

Nirbobol merupakan padanan dari kata clean sheet. Nirbobol bermakna keadaan tidak kemasukan gol atau tidak kebobolan dalam suatu pertandingan atau kompetisi.

2. Tendangan Bebas

Tendangan bebas merupakan terjemahan dari kata free kick. Tendangan bebas bermakna tendangan yang diberikan kepada pemain karena lawan membuat pelanggaran biasa di luar kotak penalti (dalam sepak bola).

3. Tendangan Gawang

Tendangan gawang merupakan istilah lain dari goal kick. Tendangan gawang memiliki arti sepakan di depan gawang sendiri karena bola yang melewati garis gawang telah menyentuh kaki lawan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)