Pesan Kesan Presidensi G20

Senin, 21 November 2022 - 08:07 WIB
loading...
Pesan Kesan Presidensi G20
Candra Fajri Ananda/FOTO.DOK KORAN SINDO
A A A
Candra Fajri Ananda
Staf Khusus Menteri Keuangan RI

Keberhasilan Indonesia dalam mengemban amanah sebagai Presidensi G20 patut diapresiasi. Dipercaya menjadi pemimpin sekaligus tuan rumah sebuah perhelatan dunia merupakan kehormatan bagi Indonesia.

Secara resmi, Indonesia memulai rangkaian Presidensi G20 selama satu tahun penuh terhitung mulai 1 Desember 2021 hingga November 2022. Presidensi dimulai dengan asa mampu menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi.

Karena itu, dalam Presidensi G20, Indonesia mengusung tema“Recover Together, Recover Stronger”.Pada Presidensi G20 tersebut Indonesia fokus mengerjakan tiga hal di antaranya penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan. Indonesia berupaya mendorong seluruh anggota G20 dapat berperan secara konkret dan berpartisipasi aktif dalam melakukan tiga hal tersebut secara optimal.

Selain kelancaran acara, Indonesia dinilai terampil mengelola tantangan pada masa krisis. Sebagai Presidensi G20, Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama setahun kepemimpinan di tengah berbagai gejolak ekonomi dan politik dunia. Netralitas dan kelenturan diplomasi Indonesia berperan penting bagi keberhasilan Indonesia dalam memimpin G20.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur bahwa G20 Indonesia telah menghasilkan sebuah dokumen berupa Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali. Tak dimungkiri bahwa proses menuju kesepakatan atas deklarasi tersebut sangat panjang, bahkan dilakukan melalui beberapa putaran negosiasi.

Tak sedikit pihak yang pesimistis Indonesia bisa menghasilkan suatu deklarasi mengingat situasi dunia yang sulit akibat pandemi Covid-19 yang belum usai dan kian diperburuk dengan perang antara Rusia dan Ukraina, krisis pangan dan energi, serta krisis keuangan.

Deklarasi KTT G20 Bali
Kesepakatan Deklarasi Bali oleh para pemimpin G20 membuktikan kepercayaan dunia kepada Indonesia. Para pemimpin negara-negara besar dunia mengakui keberhasilan Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun ini, terutama pada momen Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dihadiri 17 kepala negara dan tiga yaitu Brasil, Meksiko, dan Rusia yang diwakili menteri luar negeri.

Pengakuan pemimpin dunia itu bukan hanya pada penyelenggaraan acaranya, tetapi juga keputusan-keputusan yang dihasilkan, khususnya “Bali Leaders Declaration 2022” atau Deklarasi Bali dan sejumlah kesepakatan lainnya, baik dalam kelompok G20 maupun dalam pertemuan bilateral antarnegara yang hadir.

Pengakuan dunia yang paling monumental adalah keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah memfasilitasi pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping. Pertemuan dua simbol kekuatan ekonomi terbesar dunia yang berlangsung hangat itu disambut positif di penjuru dunia karena memberi sinyal akan ada perdamaian sehingga mengurangi tensi ketegangan geopolitik global.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2433 seconds (10.101#12.26)