MoU Pertahanan RI-Turki Ditandatangani, Prabowo: Perkuat Kemakmuran Kedua Negara

Senin, 14 November 2022 - 19:10 WIB
loading...
MoU Pertahanan RI-Turki Ditandatangani, Prabowo: Perkuat Kemakmuran Kedua Negara
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bidang pertahanan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bidang pertahanan. Penandatanganan itu dilakukan di Bali, Senin (14/11/2022).

"Akhirnya kesepakatan ini bisa terjadi hari ini," kata Prabowo.

Dia menambahkan, penandatanganan kesepakatan tersebut sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu, namun harus diundur karena pandemi Covid-19. Prabowo mengatakan, perjanjian hari ini bukan hanya antarpemerintah, tapi juga antarperusahaan untuk memperkuat kemakmuran bilateral kedua negara.





Pada kesempatan tersebut, Prabowo juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turut mengapresiasi terjalinnya sejumlah kerja sama tersebut. "Saya menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk pertemuan bilateral ini. Beliau juga mengapresiasi semua agreement yang terjalin," ujarnya.

Selain bidang pertahanan, penandatanganan kerja sama bilateral juga dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Luar Negeri, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang dihadiri langsung oleh menteri terkait serta sejumlah perusahaan yang juga menjalin kerja sama dengan Turki.

Prabowo optimistis sejumlah perjanjian yang ditandatangani pemerintah RI dengan Turki hari ini dapat memantik kerja sama lain yang bertujuan untuk memakmurkan kedua negara. Ia berharap setiap kesepakatan yang terjadi dapat diimplementasikan pada kedua negara.

Dia melanjutkan, pertemuan hari ini juga diharapkan dapat memperkuat persaudaraan Indonesia dan Turki. "Hubungan ini baik ketika bisa berkontribusi untuk menguatkan kemakmuran kedua negara," katanya.

Prabowo juga pada kesempatan tersebut mengungkapkan rasa dukacita kepada pemerintah Turki atas ledakan bom yang terjadi di Istanbul, Turki, Minggu (13/11/2022). "Turut berdukacita sedalam-dalamnya, dan kami bersimpati atas ledakan bom yang terjadi di Istanbul, Turki kemarin," pungkas Prabowo.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)