Menyongsong Fregat Merah Putih  

Senin, 14 November 2022 - 09:30 WIB
loading...
Menyongsong Fregat Merah Putih   
Kehadiran Fregat buatan lokal akan memperkuat alutsista dalam negeri. FOTO/WAWAN BASTIAN
A A A
Bila tidak ada aral melintang, Indonesia tinggal menghitung hari untuk memulai pembangunan kapal fregat Merah Putih. Pembangunan kapal yang diadaptasi dari desain Arrowhead 140 Babcock tersebut lazimnya akan diawali dengan upacaracutting steelatau pemotongan baja yang dilakukan di galangan kapal PT PAL Surabaya.

Kepastian pemotongan akan dilakukan November ini disampaikan CEO PT PAL Kaharuddin Djenod saat berbicara dengan Janes pada pameran Indo Defence 2022 di Jakarta pekan lalu. Dia menyebut, proyek tersebut sebagai fregat Merah Putih yang merupakan cermin bahwa status kapal perang tersebut buatan lokal.

Dia pun memastikan bahwa fregat tersebut akan mempunyai panjang 140 meter, bukan lagi 143 meter dan bukan juga 138 meter sebagai varian yang identik Iver Huitfeldt milik AL Denmark.



Proyek fregat merah putih bisa disebut sebagai milestone Indonesia menapak level baru dalam kapasitas membangun kapal perang sekaligus kekuatan matra laut. Dari sisi kapasitasknowledge, PT PAL memang pernah membangun fregat sigma kelas. Tapi prosesnya lebih banyak dilakukan Damen Shipyard Belanda, dan hanya sebagai dibangun di Tanah Air.

Kemampuan penuh galangan kapal domestik baru sebatas membuat kapal cepat rudal (KCR), seperti ditunjukkan galangan PT PAL, PT Palindo Batam Shipyard, maupun PT Tesco Indomaritim.

Sedangkan dari sisi kekuatan, sejauh ini kapal perang yang dimiliki Indonesia seperti kelas KRI Raden Eddy Martadinata (REM) atau PKR10514 SIGMA yang dibangun bersama Damen belum sepenuhnya kelas real fregat ataulight fregat. Sedangkan kelas KRI Ahmad Yani perlahan sudah memasuki masa pensiun dan harus diistirahatkan.

Di sisi lain, bila dilihat dari kecanggihan dan persenjataan yang ditentengnya, fregat Merah Putih ini bahkan disebutdestroyer. Dengan kapasitas demikian, Indonesia kekuatan armada laut Indonesia tidak kalah dengan kapal perang terkuat di ASEAN, dalam hal ini kelas RSS Formidable yang dimiliki Singapura.

Kepastian pembangunan fregat Merah Putih mengindikasikan keseriusan pemerintah memperkuat kekuatan militer, termasuk di Matra Laut. Bahkan, pembangunan fregat Merah Putih yang diproyeksikan sebanyak dua buah akan diikuti dengan pembangunan fregat kelas FREMM dari galangan Fincantieri Italia dan kapal kelasoffshore patrol vessel(OPV) yang tengah dilakukan galangan kapal domestik asal Lampung, PT Daya Radar Utama.

Langkah ditunjukkan pemerintah, dalam ini Kementerian Pertahanan (Kemhan), dengan membangun armada laut secara besar-besaran merupakan keniscayaan. Hal ini dalam konteks merespons dinamika geopolitik begitu cepat, seperti agresivitas China mengklaim Laut China Selatan dan konflik Rusia-Ukrainia yang setiap saat bisa bergeser ke kawasan Indo Pasifik mengingat banyaknya negara di kawasan yang terseret konflik tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2442 seconds (0.1#10.140)