Mengenal Metode Kretjie-Morgan yang Dipakai KPU dalam Verifikasi Faktual Pemilu 2024

Jum'at, 11 November 2022 - 19:12 WIB
loading...
A A A
"Pertanyaan berikutnya, apakah KPU sudah pernah mengajukan tesis dari Lembaga mereka bahwa metode Kretjie-Morgan dapat digunakan untuk verifikasi peserta Pemilu, kepada suatu institusi atau organisasi para pakar statistik," ungkap Gede Sandra.

"KPU menyatakan bahwa mereka sudah melakukan uji publik tahun lalu. Pertanyaannya apakah uji publik tersebut sudah memastikan bahwa apa yang dilakukan oleh KPU memenuhi syarat 'sistematis, empiris, dan kritis? Jelas sama sekali tidak," tegasnya



Karena itu kata Gede Sandra, apakah layak metode sampling untuk mendapatkan opini malah digunakan untuk melakukan eliminasi politik?

"Di negara asalnya, Amerika Serikat, metode Kretjie-Morgan tidak pernah digunakan selain untuk mendapatkan opini publik. Di berbagai penelitian di berbagai negara lain yang menggunakan metode Kretjie-Morgan juga untuk meneliti opini publik. Jadi belum ada pengalaman empiris di negara lain di mana pun metode ini diterapkan untuk proses eliminasi politik," jelasnya.

"Satu-satunya hanya di Indonesia, oleh Lembaga KPU, metode Kretjie-Morgan digunakan untuk melakukan verifikasi atau eliminasi politik. Dan hasilnya sesuai dugaan, seluruh partai baru 'terbantai', menjadi tereliminasi pada tahap pertama," tutupnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)