Jenderal Andika Tunjuk Pilot Tempur Lulusan Terbaik AAU 1990 Jabat Aspers Panglima TNI

Rabu, 09 November 2022 - 19:49 WIB
loading...
Jenderal Andika Tunjuk Pilot Tempur Lulusan Terbaik AAU 1990 Jabat Aspers Panglima TNI
Lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) 1990 Marsda TNI Samsul Rizal dipromosikan sebagai Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kembali merombak pejabat strategis di tiga matra TNI. Kebijakan mutasi dan rotasi jabatan kali ini juga menempatkan sejumlah perwira tinggi untuk bertugas di luar struktur TNI.

Salah satu masuk dalam daftar mutasi terbaru ini yaitu Marsekal Muda (Marsda) TNI Samsul Rizal. Lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) 1990 tersebut dipercaya Jenderal Andika untuk berdinas di Mabes TNI.

“Marsda TNI Samsul Rizal, jabatan lama Kapuslaiklambangjaau, jabatan baru Aspers Panglima TNI,” bunyi salinan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1122/XI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan pada 4 November 2022, dikutip Rabu (9/11/2022).

Secara keseluruhan terdapat 130 pati TNI yang dimutasi kali ini, termasuk jenderal bintang 3. Mereka antara lain Marsdya TNI Andyawan Martono yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Pangkogabwilhan II dari sebelumnya Pangkoopsudnas. Adapun pos yang ditinggalkan Andyawan dipercayakan kepada Marsdya TNI Mohammad Tony Harjono.

Adapun pati yang akan bertugas di luar struktur TNI antara lain Laksma TNI P Rahmad Wahyudi dari Inspektur Kodiklat TNI menjadi Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Bakamla.

Pilot Jet Tempur Peraih Adhi Makayasa
Marsda TNI Samsul Rizal merupakan lulusan terbaik AAU 1990 alias peraih penghargaan Adhi Makayasa. Rekam jejaknya di matra Udara cemerlang. Sebagai penerbang jet tempur F-5 Tiger, Rizal memiliki kode panggilan (callsign) Hiraks.

Berbagai jabatan pernah melekat di pundaknya. Mula-mula sebagai perwira DP gubernur AAU pada kurun 1990-1991 atau selepas menamatkan pendidikan kemiliterannya. Setelah itu sederet penugasan lain termasuk menjabat Komandan Skadud 14, Komandan Wing Udara 3 hingga Atase Pertahanan RI pada KBRI Jerman.

Samsul Rizal pecah bintang alias mendapatkan pangkat Marsma seiring promosi jabatan sebagai Komandan Lanud Iswahyudi pada kurun 2017-2018. Setelah itu dia ditunjuk sebagai Kaskoopsau, Staf Khusus KSAU dan akhirnya Direktur Keselamatan Terbang dan Kerja Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan Udara.

Bintang emas di pundaknya bertambah satu saat pilot kelahiran 23 Februari 1969 ini dipromosikan sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando AU (Danseskoau) pada 2020. Hanya setahun, Rizal dipromosikan sebagai Panglima Komando Operasi Angkatan Udara III.

Mengutip laman resmi TNI AU, Rizal dilantik KSAU Laksamana TNI Fadjar Prasetyo sebagai Pangkoopsau III di Gedung IG Dewanto Denmabesau Cilangkap Jakarta, Kamis (23/9/2021). Kala itu dia menggantikan seniornya, Marsda TNI Bowo Budiarto.

Dari memimpin teritorial, Rizal ditunjuk sebagai Kapuslaiklambangjaau (2022). Tak sampai setahun tentara yang pernah terjun ke medan Operasi Perbatasan Timor Timur hingga Operasi Panah itu kini dipercaya Jenderal Andika sebagai Aspers Panglima TNI.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)