Catat, Begini Tata Cara Pengusulan dan Persyaratan Gelar Pahlawan Nasional

Rabu, 09 November 2022 - 13:47 WIB
loading...
A A A
Sedangkan syarat khususnya yakni pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Lalu, tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan; melakukan pengabdian dan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melebihi tugas yang diembannya; pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara.

Selain itu, pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa; Memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi; dan/atau melakukan perjuangan yang menpunyai jangkauan luas dan berdampak nasional.

Sedangkan persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, seperti dikutip dari indonesia.go.id, antara lain mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Daerah (Gubernur) dan Surat Pengantar dari Dinas Sosial Provinsi (secara berjenjang).

Lalu, berdasarkan hasil sidang Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) tingkat Provinsi sebagaimana format laporan Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) kepada Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Memiliki Riwayat hidup dan Perjuangan calon Pahlawan Nasional meliputi nama, tempat tanggal lahir, pendidikan dan tempat serta tanggal meninggal. Riwayat perjuangan secara kronologis juga perlu disertakan.

Nama Pahlawan yang diusulkan tersebut juga harus memiliki Biografi Calon Pahlawan Nasional. Untuk seminar usulan Calon Pahlawan Nasional dipersiapkan makalah antara lain dibuat berdasarkan karya akademik dan hasil penelitian, dan dilampirkan daftar pustaka.



Sedangkan komposisi seminar terdiri dari Perwakilan Kementerian Sosial RI, Pakar/Sejarahwan level Nasional, Pakar/Sejarahwan level Daerah/ Provinsi,

Untuk dokumen-dokumen Pendukung calon Pahlawan Nasional yang perlu dipersiapkan yakni daftar dan bukti Tanda Kehormatan yang pernah diterima/diperoleh. Catatan pandangan/ pendapat orang dan tokoh masyarakat tentang calon Pahlawan Nasional yang bersangkutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)