Guntur Soekarnoputra Kisahkan Keberanian Dokter Soeharto Jaga Keselamatan Bung Karno

Selasa, 22 Februari 2022 - 15:25 WIB
loading...
Guntur Soekarnoputra Kisahkan Keberanian Dokter Soeharto Jaga Keselamatan Bung Karno
Tokoh nasional Mohammad Guntur Soekarnoputra mendukung usulan dokter pribadi Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta, Dr dr Soeharto diberi gelar pahlawan nasional. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Tokoh nasional Mohammad Guntur Soekarnoputra mendukung usulan dokter pribadi Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta, Dr dr Soeharto diberi gelar pahlawan nasional . Dia mengatakan dokter Soeharto berperan menjaga keselamatan Bung Karno di masa kemerdekaan.

"Bahwa saya sangat setuju sekali bahwa dokter Soeharto dijadikan pahlawan nasional dan saya mendukung penuh," ujar Guntur dalam Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional yang diadakan secara hybrid, Selasa (22/2/2022).



Kakak dari Megawati Soekarnoputri itu pun menceritakan bagaimana dokter Soeharto memang sosok penting bagi Presiden pertama RI Soekarno. "Bahwa dokter Soeharto itu seorang yang berani pasang badan untuk keselamatan Bung Karno," ungkap Guntur.

Dia menceritakan saat Belanda datang lagi dengan membonceng Sekutu, Soekarno adalah orang yang paling dicari dan akan dibunuh. Sehingga, harus melakukan penyamaran dan berpindah-pindah tempat.

"Salah satu tempat yang paling aman buat Bung Karno adalah di kediamannya dokter Soeharto di Jalan Kramat Raya yang sekarang menjadi apotek. Di sana Bung Karno menginap malam-malam dari kejaran NICA," ungkap Guntur.

Apa yang disampaikan Guntur tersebut sebelumnya juga diungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Ketika hubungan yang baik antara dokter Suharto dan Tabib Sher serta beberapa petinggi Sekutu membantu upaya menyelamatkan Bung Karno ketika mobilnya dicegat Tentara NICA dengan kepungan senjata. Baca juga: Ganjar Pranowo Dukung Dokter Pribadi Bung Karno Jadi Pahlawan Nasional

“Ketika NICA gagal membunuh Bung Karno karena bantuan tentara Sekutu yang berasal dari India, maka NICA melampiaskan kemarahannya dengan merusak mobil Bung Karno yang diperolehnya dari sumbangan dokter Suharto," tutup Hasto.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)