Gaya Risma Tinjau Banjir Trenggalek: Dibonceng Motor, Masuk Sungai Bantu Petugas

Senin, 07 November 2022 - 07:32 WIB
loading...
Gaya Risma Tinjau Banjir Trenggalek: Dibonceng Motor, Masuk Sungai Bantu Petugas
Mensos Tri Rismaharini kut terjun ke dalam sungai saat meninjau bencana banjir bandang di Trenggalek, Jawa Timur. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini tiba di lokasi bajir di Desa Tawing, di Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Minggu (6/11/2022). Dia langsung mengecek titik-titik bencana banjir bandang yang menerjang sebagian wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Dengan dibonceng sepeda motor, Risma menuju bibir Sungai Kali Tengah.

Tanpa canggung, Mensos turun langsung ke sungai membantu petugas. Dari dalam sungai, Mensos ikut menarik material kayu besar yang terbawa banjir.

Selain itu, Risma turut mengecek kesiapan bantuan Kementerian Sosial untuk mengatasi dampak banjir di kawasan itu bersama Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. Risma juga mengecek kesibukan di dapur umum di Desa Tawing, serta beberapa rumah warga yang terdampak banjir.

Baca juga: Mensos Risma Sebut Tragedi Kanjuruhan Bencana Sosial

Berdasarkan observasi di lapangan dan mendengarkan penjelasan Bupati Nur Arifin dan jajaran, Mensos mendapat gambaran tentang beberapa lokasi yang terancam rawan terisolasi akibat bencana. Untuk itu, Mensos langsung mengarahkan agar dibangun lumbung sosial di 4 titik di Kecamatan Munjungan.

“Ada beberapa lokasi rawanan terisolir. Nah ini kan cuaca ekstrem masih terus terjadi. Puncak musim penghujan masih lama. Dikhawatirkan dampak pada banjir susulan akan menghambat akses jalan menuju Kecamatan Munjungan,”ujar Risma dikutip dalam rilis resmi Kemensos, Senin (7/11/2022).

Lebih lanjut, Mensos Risma menjelaskan, bantuan Kemensos sudah tersalurkan sebesar Rp628 juta. Namun akan ditambah lagi untuk logistik dan peralatan dapurnya.

"Kami akan pasok kebutuhan dapurnya, dan dorong agar mereka bisa mandiri dengan bantuan logistik yang Kemensos berikan, sehingga mereka (daerah-daerah yang rawan tersebut) bisa mandiri. Oleh karena itu Kemensos membangun lumbung sosial di 4 titik sekaligus,” katanya.



Lokasi lumbung sosial ada 2 di Desa Tawing, satu di Desa Bendoroto dan satu di Desa Bangun Kecamatan Munjungan. Lumbung sosial merupakan bentuk langkah-langkah prefentif agar warga terjaga akesnya terhadap sumber logistik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2396 seconds (10.177#12.26)