Hasto Kunjungi Benteng Van den Bosch, Ingatkan Makna Kemerdekaan

Senin, 07 November 2022 - 06:47 WIB
loading...
Hasto Kunjungi Benteng Van den Bosch, Ingatkan Makna Kemerdekaan
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengajak semua pihak membangun terus semangat disiplin dan spirit sebagai bangsa yang merdeka. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berkunjung ke benteng Van den Bosch di Ngawi, Jawa Timur, Minggu (6/11/2022). Ia mengelilingi benteng yang dibangun di era kolonial Belanda itu dan meminta penjelasan soal berbagai sudut ruangan yang dikunjunginya.

"Revitalisasi benteng Van den Bosch ini mengingatkan kemerdekaan itu tidak taken for granted, tapi harus terus dijaga," kata Hasto.



Dengan kondisi geopolitik saat ini Hasto menyebutkan pemerintah harus membangun ketahanan di sektor pangan, energi dan penguasaan iptek dan pengembangan budaya Nusantara.

"Kalau Belanda saja yang dari segi ukuran relatif kecil bisa menguasai kita yang besar berarti bukan hal berarti hal itu tidak mungkin terjadi lagi meski penjajahan dalan bentuk lain," tutur Hasto.

Oleh karena itu, Hasto mengajak semua pihak membangun terus semangat disiplin dan spirit sebagai bangsa yang merdeka. Semua harus bekerja keras atas kemerdekaan Indonesia ini.



"Semoga benteng ini akan menjadi destinasi wisata edukasi sejarah yang bermanfaat sekaligus menggerakkan roda perekonomian bagi warga sekitar," pungkas Hasto.

Berdasarkan catatan sejarah, pada tahun 1825 Ngawi berhasil direbut dan diduduki oleh Belanda. Untuk mempertahankan kedudukan dan fungsi strategis Ngawi serta menguasai jalur perdagangan, Pemerintah Hindia Belanda membangun sebuah benteng yang selesai pada tahun 1845. Benteng ini sengaja dibuat lebih rendah dari tanah sekitar yang dikelilingi oleh tanah tinggi sehingga terlihat dari luar terpendam.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)