Sekolah Penggerak, Pembelajaran Kian Menyenangkan dengan Kreativitas Guru dan Siswa

Senin, 07 November 2022 - 07:28 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut disampaikan Eko, manfaat lainnya yang ia peroleh dari Program Sekolah Penggerak adalah adanya percepatan digitalisasi. Pembelajaran yang dilakukan di sekolahnya kini telah berbasis web, dan guru-guru juga menggunakan Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, setiap guru di SMPN 4 Demak juga mempunyai blog sebagai pendukung kemudahan belajar.

Dengan adanya pembelajaran berbasis projek yang mengimplementasikan digitalisasi, lanjut Eko, siswa menjadi lebih senang karena dilakukan dengan menarik, variatif, dan bermakna. Respon orang tua sebagai pemangku kepentingan juga menunjukkan positif. “Orang tua sejauh ini sangat mendukung Program Sekolah Penggerak, karena pembelajaran dilakukan menjadi lebih baik,” ujar Eko.

Aminah Aminatun, salah satu orang tua siswa SMPN 4 Demak sangat bangga anaknya bisa bersekolah di salah satu dari empat Sekolah Penggerak yang ada di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Menurutnya, meski letak sekolahnya di desa, mimpi SMPN 4 Demak untuk maju dalam segala hal sangat besar, ditambah dukungan sebagai menjadi Sekolah Penggerak.

Sejak menjadi Sekolah Penggerak, diceritakan Aminah bahwa fasilitas sekolah semakin meningkat. Hal itu tentu untuk menyempurnakan pembelajaran siswa. “Di setiap kelas anak-anak kami dilengkapi dengan televisi digital yang super besar untuk belajar. Ini super sekali pokoknya,” ujar Aminah dengan semangat.

Selain itu, Sekolah Penggerak juga berpengaruh terhadap komunikasi anak dengan orang tua di rumah menjadi semakin akrab. Diceritakan Aminah, sekarang anaknya lebih sering bercerita tentang kegiatan pembelajaran di sekolah yang membuat anak lebih senang, tertarik, dan semangat untuk belajar.

“Anak saya selalu cerita kegiatan yang dilakukannya selama pembelajaran. Misalnya, hari ini anak-anak belajar di luar kelas secara berkelompok untuk mempraktekkan pemilihan kepala desa (pilkades), dan mereka langsung memerankan seperti pilkades sebenarnya. Wah mereka senang sekali, apalagi direkam video, katanya sangat asyik mereka jadi artisnya,” urai Aminah.

Senada dengan itu, Siti Puja Wati, orang tua dari siswa kelas VII SMPN 4 Demak turut berbagi cerita. Baginya, Sekolah Penggerak memberikan manfaat yang besar bagi siswa. Banyak program yang diterapkan di SMPN 4 Demak setelah menjadi Sekolah Penggerak, misalnya membaca dan mengaji setiap hari. Sehingga, kata Siti, program tersebut membuat anak menjadi lebih taat pada agama dan patuh pada orang tua.

Selain itu, anak dididik untuk lebih kreatif, cerdas dan berkualitas. “Memang lebih banyak belajar berkelompok, tetapi anak-anak merasa senang dan semakin pintar dalam bekerja sama. Semoga ke depannya sekolah kami menjadi lebih maju dan berkualitas baik sarana, guru, dan siswanya,” ujar Siti.

Menanggapi itu, Olivia Aqilah Zalfa, siswi kelas VIII SMPN 4 Demak menyampaikan perubahan positif yang dirasakan sejak sekolahnya menjadi Sekolah Penggerak. Bagi Olivia, pembelajaran saat ini jauh lebih menyenangkan karena berbasis projek yang dilakukan secara mandiri maupun berkelompok sehingga membuat ia menjadi lebih bertanggung jawab, mandiri, dan kreatif.

“Sekarang belajar di sekolah lebih mengarah pada Profil Pelajar Pancasila. Kami diajarkan untuk menjadi anak yang kreatif, gotong royong dan bekerja sama dengan teman-teman, menerima perbedaan, mandiri, dan tetap disiplin serta beriman kepada Tuhan,” cerita Olivia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)