Momen Prabowo Kagumi Esther Gayatri Saleh, Satu-satunya Perempuan Asia Jadi Pilot Penguji

Jum'at, 04 November 2022 - 21:09 WIB
loading...
Momen Prabowo Kagumi Esther Gayatri Saleh, Satu-satunya Perempuan Asia Jadi Pilot Penguji
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengagumi Esther Gayatri Saleh yang merupakan satu-satunya perempuan Asia asal Indonesia yang menjadi pilot penguji (test pilot). Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengagumi Esther Gayatri Saleh yang merupakan satu-satunya perempuan Asia asal Indonesia yang menjadi pilot penguji (test pilot). Esther Gayatri Saleh adalah salah seorang pilot PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI.

Momen itu terjadi saat keduanya berbincang di sela-sela Indo Defence 2022 Expo dan Forum di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Jumat (4/11/2022). Awalnya, Esther memperkenalkan diri seraya mendekati Prabowo yang sedang duduk di bangku penumpang di atas mobil golf.

"CN-235 yang kami bawa untuk modifikasi, untuk pengembangan," katanya kepada Prabowo.





"Luar biasa, luar biasa," jawab Prabowo.

"Esther, terima kasih, Esther, ya," kata Prabowo.

Esther lantas memberikan buku bersampul warna biru yang ditulisnya kepada Prabowo. Esther merupakan satu-satunya perempuan Asia asal Indonesia yang menjadi pilot penguji (test pilot).

Pengalamannya tersebut diabadikan melalui bukunya berjudul Srikandi Indonesia Bertaruh Nyawa. Dia sempat melakukan uji terbang pesawat N-219 untuk pertama kalinya pada 16 Agustus 2017.

N-219 dihasilkan PTDI dengan kapasitas produksi dua unit per tahun. Armada N-219 termasuk jenis pesawat penumpang dan serba guna berkapasitas 19 penumpang.

Ia menggunakan dua mesin turboprop produksi Pratt and Whitney PT6A–42, masing-masing bertenaga 850 shp. Saat peluncuran bukunya, beberapa waktu lalu, Esther mengaku, sempat merasakan stres menjelang penerbangan perdana N-219.

Dirinya pun selalu menyebut nama Tuhan setiap hari hingga hari H penerbangan. "Saya pernah stres tingkat dewa. Pesawat tidak pernah diterbangkan oleh siapa pun dan Anda harus mencobanya. Yang tanggung siapa? Saya dan kru. Saya terima kasih kepada kru yang mempercayai saya sebagai pilot in command," tuturnya kala itu.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)