Vaksin COVID-19 Diprediksi Akan Diproduksi Massal Pada 2021

Selasa, 07 Juli 2020 - 16:59 WIB
loading...
Vaksin COVID-19 Diprediksi Akan Diproduksi Massal Pada 2021
Setelah enam bulan virus SARS-Cov-2 penyebab dari COVID-19 teridentifikasi. Berbagai penelitian, berbagai upaya penemuan vaksin dilakukan di seluruh penjuru dunia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setelah enam bulan virus SARS-Cov-2 penyebab dari COVID-19 teridentifikasi. Berbagai penelitian, berbagai upaya penemuan vaksin dilakukan di seluruh penjuru dunia.

Kini, masyarakat juga semakin penasaran kapan vaksin penangkal virus Corona jenis ini dapat ditemukan, di produksi dan diberikan kepada penduduk dunia guna menciptakan kekebalan buatan terhadap COVID-19. Dan akhirnya dapat mengakhiri pandemi ini. (Baca juga: Bertambah 1.268 Kasus, 66.226 Orang di Indonesia Positif Covid-19)

“Dan alhamdulillah, kita sudah mendengar perkembangan positif sudah ada beberapa jenis calon vaksin yang mulai diujikan kepada manusia,” ujar Tim Komunikasi Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro di Media Center Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Reisa mengatakan setidaknya ada beberapa vaksin dalam tahap uji klinis pada saat ini. “Ada lima calon vaksin tiga negara yakni di China, tiga di Amerika Serikat dan dua di Inggris. Dan dua uji coba dilakukan dengan bertempat di Australia, Jerman dan juga Rusia. Dan ini yang paling penting, Indonesia juga ikutan,” katanya.

Reisa juga menambahkan bahwa Indonesia saat ini telah mengembangkan pembuatan vaksin virus COVID-19. Dan direncanakan pada tahun 2021 vaksin lokal akan diproduksi secara massal. ( )

“Negara kita tengah mengembangkan pembuatan vaksin virus Corona. Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19, Kementerian Riset dan Teknologi Profesor Ali Ghufron Mukti memprediksi vaksin lokal akan diproduksi massal. Dan akan tersedia bagi masyarakat Indonesia pertengahan 2021. Mari kita doakan bersama dan kita dukung kesuksesan upaya penting ini,” tutup Reisa.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5509 seconds (0.1#10.140)