Maknai Hari Sumpah Pemuda, PT Sasa Inti Berdayakan UMKM Kuliner TWC Prambanan dan Borobudur

Senin, 31 Oktober 2022 - 13:38 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Dirut Bale Raos, Sumatoyo menyoroti terkait dengan standar resep dalam memasak. Satu di antara kekhasan masakan nusantara adalah kaya terhadap rempah. Namun sayangnya, tidak ada standar resep dalam memasak, dampaknya rasa masakan tersebut tidak konsisten.

“Pelaku UMKM harus membuat standar resep dengan takaran yang jelas. Kenapa bisa beda tangan beda rasa? Sejumput garam satu orang dengan yang lain beda, sehingga dibutuhkan takaran yang jelas. Kalaupun rasanya beda, tidak jauh-jauh banget,” katanya.

Dengan takaran yang tepat, pelaku UMKM pun bisa mengembangkan usahanya, sebab bisa dijalankan orang lain sesuai standar yang ditetapkan.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Layanan Kewirausahaan Koperasi dan Usaha Menengah Dinkop UKM DIY, Wisnu Hermawan menerangkan pihaknya memberikan pendampingan secara komprenhensif bagi pelaku UMKM, khususnya bagi anggota SiBakul.

“Kami mendampingi enam aspek, mulai produksi, SDM, kelembagaan, pemasaran, keuangan, dan IT. Kami juga berkolaborasi dengan stakeholder lain untuk membantu pelaku UMKM dalam mengurus NIB, PIRT, dan lainnya,” tuturnya.

Diretur Pemasaran, Pelayanan, dan Pengembangan Usaha PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, Hetty Herawati menambahkan peranan kuliner yang dikembangkan UMKM dalam mendukung destinasi wisata sangat penting.

“Kami ingin pelaku UMKM mendapatkan manfaat dari adanya kawasan wisata atau warisan budaya. Nggak ada gunanya kalau nggak memberikan manfaat, baik ekonomi, sosial, maupun lingkungan. Yang kami lakukan adalah membina pelaku kuliner sekitar agar semakin berkembang,” ujarnya.

Menurut Hetty, kuliner merupakan atraksi utama, karena wisatawan tidak cukup hanya menikmati lingkungannya saja.

Kuliner, kata dia, menjadi hal yang paling dicari saat wisatawan berkunjung. Untuk itu, destinasi wisataa harus memiliki ikon kuliner di sekitar kawasan wisata.

DR Tjahja Muhandri, Pendiri Forum CCIKM Pangan Indonesia sebagai pemateri pelatihan mengatakan, beberapa tips yang perlu diperhatikan para pegiat kuliner tradisional jika ingin terus bertahan selain rasa yang enak juga produk yang dijual harus tahan lama, dengan mempergunakan teknik pengawetan yang aman melalui pengeringan dan mematikan mikroba yang menyebabkan makanan tidak tahan lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)