HT Sebut UMKM Punya Peran Penting Pulihkan Ekonomi

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 12:30 WIB
loading...
HT Sebut UMKM Punya Peran Penting Pulihkan Ekonomi
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) menghadiri acara Workshop TNI AD Bersama Pemerintah dalam Mengembangkan Ekonomi UMKM di Era Digital, di Buperta Cibubur, Sabtu (29/10/2022). Foto: MNC Media/Aziz Indra
A A A
JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo ( HT ) menghadiri acara Workshop TNI AD Bersama Pemerintah dalam Mengembangkan Ekonomi UMKM di Era Digital, di Buperta Cibubur, Sabtu (29/10/2022). HT mendukung program yang membantu mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia tersebut.

HT mengatakan bahwa UMKM memiliki peranan penting dalam pergerakan ekonomi di Indonesia. Dia pun mencontohkan peran UMKM saat membantu memulihkan ekonomi Indonesia pada krisis ekonomi tahun 1998.

“Saya adalah saksi sejarah pada waktu krisis keuangan tahun 1998. Yang memulihkan ekonomi kita kembali lagi seperti semula dan bahkan tumbuh baik itu adalah UMKM karena usaha besar pada saat itu banyak terpuruk,” kata HT saat memberikan paparannya di acara Workshop TNI AD Bersama Pemerintah Dalam Mengembangkan Ekonomi UMKM di Era Digital.





Dampak positif lain dari berkembangnya UMKM, kata HT, juga meluas hingga mampu menyerap tenaga kerja. Artinya, kehadiran UMKM justru dinilainya melibatkan masyarakat luas.

“Bayangkan saja dari 30 juta (UMKM) yang ditargetkan di tahun 2024 yang masuk ke digital, masing-masing punya karyawan satu saja, itu akan menciptakan lapangan kerja 30 juta lebih, apalagi kalau dua,” katanya.

Nantinya, dampak dari keseluruhan tersebut pada akhirnya bermuara terhadap stabilitas baik di ekonomi, politik, dan sosial bagi negara. Pasalnya, kehadiran lapangan kerja memberikan pendapatan pasti kepada masyarakat juga.

“Tentunya untuk stabilitas ekonomi politik sosial pendapatan pasti itu adalah yang lebih penting dan itu memang harus didorong salah satunya dengan mempercepat pertumbuhan daripada UMKM,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2224 seconds (0.1#10.140)