Persiapan Matang, KTT G20 Diyakini Berjalan Lancar

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:50 WIB
loading...
A A A
Apresiasi juga disampaikan Pemimpin Redaksi SINDOnews.com Zen Teguh Triwibowo. Dia menilai persiapan yang dilakukan pemerintah telah berjalan baik sehingga perhelatan ini pun diyakini dapat berjalan sukses.

Mengacu semakin matangnya persiapan itu, dia berharap tiga agenda utama Presidensi G20 Indonesia dapat terwujud. Ketiga agenda tersebut yakni arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, serta transisi energi berkelanjutan.

"Dengan demikian tema besar Presidensi G20 Indonesia yakni 'Recover Together, Recover Stronger' menjadi sangat relevan di tengah kondisi dunia sekarang ini," katanya.

Apresiasi juga datang dari Pemimpin Redaksi Katadata Yura Syahrul. "Sejauh ini pemerintah cukup fokus dan siap untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi delegasi negara-negara yang menguasai perekonomian dunia ini,” ujar Yura.

Menurutnya, KTT G20 merupakan kerja besar pemerintahan Jokowi untuk menjawab beberapa masalah dunia saat ini, terutama di tiga bidang utama yang menjadi fokus. Ketiga bidang utama tersebut yakni inklusivitas pelayanan kesehatan, transformasi berbabis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.

"Masih butuh pembuktian lebih jauh dari kerja besar ini. Sehingga kelak Indonesia dikenang karena sukses membawa isu-isu besar menjadi perhatian dunia, selain karena sukses penyelenggaraannya," kata dia.

Indonesia untuk pertama kalinya memegang Presidensi G20. Periode Presidensi Indonesia berlangsung selama satu tahun, mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. Serah terima keketuaan (handover) berlangsung pada KTT G20 di Roma, Italia, pada 31 Oktober 2021 dari PM Mario Draghi (Presidensi Italia) kepada Presiden Joko Widodo.

G20 merupakan forum internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan. Anggota G20 terdiri atas 19 negara dan 1 kawasan, yaitu: Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)