Berkat Ucapkan Kalimat Ini, Nyawa Jenderal Sutiyoso Selamat Setelah Dikepung Kombatan GAM

Kamis, 27 Oktober 2022 - 05:35 WIB
loading...
Berkat Ucapkan Kalimat Ini, Nyawa Jenderal Sutiyoso Selamat Setelah Dikepung Kombatan GAM
Sepak terjang Letjen TNI (Purn) Sutiyoso dalam dunia militer Indonesia tak perlu diragukan lagi. Bahkan ketika sudah pensiun dari Kopassus yang dijalani sebagian besar hidupnya, Sutiyoso masih tetap turun ke medan operasi. Foto/Okezone
A A A
JAKARTA - Sepak terjang Letjen TNI (Purn) Sutiyoso dalam dunia militer Indonesia tak perlu diragukan lagi. Bahkan ketika sudah pensiun dari Kopassus yang dijalani sebagian besar hidupnya, Sutiyoso masih tetap turun ke medan operasi.

Pria kelahiran Semarang yang kenyang dengan pengalaman tempur ini masih bertaruh nyawa di hutan belantara di pedalaman Aceh untuk menunaikan tugas mulia mengabdi kepada negara. Di usianya yang tidak lagi muda, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengajak sisa-sisa kelompok bersenjata kembali kepangkuan Ibu Pertiwi.

Sutiyoso yang ketika itu menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) terpanggil untuk meredam pergerakan mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Nurdin Ismail alias Din Minimi di Aceh. “Saya pikir yang belum aman di Aceh dan Papua. Ini cuma satu kelompok maka saya selesaikan dulu ini,” kenang Sutiyoso dalam kanal YouTube Refly Harun yang dikutip SINDOnews, Kamis (27/10/2022).

Din Minimi merupakan pimpinan kelompok bersenjata mantan anggota GAM paling dicari pascapenandatanganan kesepakatan Helsinki di Finlandia pada 15 Agustus 2005. Sepak terjangnya sangat meresahkan masyarakat dan aparat.

Tidak sedikit masyarakat maupun aparat keamanan yang menjadi korban keganasan kelompok ini. ”Din Minimi, kelompok GAM yang masih ada jumlahnya 120 orang. Nama aslinya Nurdin, sedangkan Minimi itu sebutan senjata tangguh. Sudah empat tahun lebih dia diburu aparat,” ujarnya.

Tak ingin jatuh korban lebih banyak lagi, mantan Wadanjen Kopassus ini memutuskan untuk terjun langsung ke medan operasi. Ditemani dua anak buahnya yakni Kapten Desna dan Sersan Wayan, pria yang dikenal dengan panggilan Bang Yos ini kemudian masuk ke hutan untuk mencari tempat persembunyian Din Minimi.

Mantan Pangdam Jaya ini akhirnya berhasil menemukan markas Din Minimi di tengah hutan setelah melalui perjalanan panjang dengan medan yang berat. ”Waktu saya sampai digubuknya jam 6.30, sudah gelap gulita di tengah hutan. Dia di atas pakai kaos loreng, celana loreng, dan senjata sudah ditrigger senjatanya,” tuturnya.

Panglima Kodam Jaya menuturkan situasi semakin mencekam karena Din Minimi ternyata tidak sendiri. Pentolan kelompok bersenjata itu didampingi oleh ratusan pengikutnya dengan persenjataan lengkap. Mereka langsung mengepung Bang Yos bersama dua anak buahnya.

“Akhirnya saya bertiga aja. Kita ke tempat dia. Dikepung 120 orang di tempat Din Minimi. Kalau mau populer bantai saja atau saya disandera tetapi kan saya bukan bonek (bondo nekat). Saya ada latar belakang, ada keyakinan gitu,” terangnya.

Dalam situasi terkepung, Sutiyoso yang memiliki kemampuan intelijen dan terbiasa menghadapi situasi genting di medan operasi tak gentar. Dengan senjata yang sudah dikokang dan siap diletuskan tersebut, Sutiyoso kemudian mengajak kelompok tersebut untuk berdialog.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)