Komnas HAM soal Tragedi Kanjuruhan: Gas Air Mata Penyebab Utama

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 08:48 WIB
loading...
Komnas HAM soal Tragedi Kanjuruhan: Gas Air Mata Penyebab Utama
Komnas HAM menyimpulkan tembakan gas air mata menjadi menyebab utama tragedi Kanjuruhan. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komnas HAM menyatakan gas air mata menjadi penyebab utama tragedi Kanjuruhan yang menelan 134 orang meninggal dunia. Menurut Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, fakta tersebut harus disampaikan sebagai dasar kepada seluruh masyarakat, terlebih keluarga korban dalam insiden tersebut.

"Sampai saat ini, kesimpulan kami gas air mata adalah penyebab utama terjadinya Tragedi Kanjuruhan," katanya, Sabtu (22/10/2022).



Anam menerangkan, indikasi kuat bahwa gas air mata menjadi penyebab utamanya adalah berdasarkan barang bukti yang ada serta informasi yang diperoleh.

Saat ini, tambahnya, Komnas HAM sedang melakukan penelusuran terkait regulasi dengan meminta keterangan dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan panitia penyelenggara.

"Spektrum itu yang kami lihat. Jadi ini biar tidak resah semuanya, gas air mata yang ditembakkan ke tribun penonton. Apakah Komnas HAM punya datanya? Punya dokumentasinya? Kami punya," tegasnya.



Choirul menegaskan Komnas HAM juga memiliki video kunci yang bisa menggambarkan posisi gas air mata hingga proses kematian korban. Video tersebut didapatkan Komnas HAM dari korban yang meninggal dunia dalam tragedi itu.

"Kami punya video kunci, terkait itu yang bisa menggambarkan posisi gas air mata sampai proses kematian, yang videonya diambil dari korban. Korban yang meninggal, (ini) clear bagi kami," jelasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)