Mahfud MD Akui Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegak Hukum saat Ini Turun

Kamis, 20 Oktober 2022 - 19:00 WIB
loading...
Mahfud MD Akui Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegak Hukum saat Ini Turun
Menko Polhukam Mahfud MD mengakui tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegakan hukum saat ini sedang turun. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengakui tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegakan hukum saat ini sedang turun. Hal itu disebabkan sejumlah kasus yang dihadapi lembaga tersebut.

Hal tersebut disampaikan Mahfud MD saat menjadi salah satu narasumber dalam pemaparan Survei Nasional Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengangkat tema “Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Penegakan Hukum dan Persepsi terhadap Kasus Kanjuruhan” Kamis (20/10/2022).

"Penurunan indeks kepercayaan, dalam hukum atau korupsi karena ini terjadi saat kasus Sambo terjadi, kemudian ada tragedi Kanjuruhan, dan narkoba Teddy Minahasa," ujar Mahfud MD.



Meskipun demikian Mahfud MD menyebutkan angka kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan semakin membaik dengan berbagai upaya perbaikan. "Kepuasan terhadap pemerintah, mengalami peningkatan dari 72 anjlok menjadi 64, dan sekarang naik lagi ke 67 dan trend nya terus naik lagi," tutur Mahfud MD.



Sebelumnya, tragedi Stadion Kanjuruhan terjadi seusai kekalahan Arema FC 2-3 saat bertanding dengan Persebaya dalam perhelatan Liga 1 BRI 2022/2023 pada Sabtu, 1 Oktober 2022 malam.

Kepala Posko Crisis Center sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Wijanto Wijoyo menyebut, korban luka dan tewas Tragedi Stadion Kanjuruhan seluruhnya berjumlah 754 orang.

Dari total 754 orang korban diketahui 132 orang meninggal dunia dengan rincian 44 orang di antaranya merupakan anak-anak. Jumlah yang meninggal bertambah menjadi 133 orang setelah satu korban yang dirawat di RSUD Saiful Anwar, Malang Jawa Timur dinyatakan meninggal dunia pada 18 Oktober 2022 lalu.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)