Kongres XII LVRI Hanya Akui PPM Pimpinan Berto Izaak Doko

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 20:04 WIB
loading...
Kongres XII LVRI Hanya Akui PPM Pimpinan Berto Izaak Doko
Kongres XII Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Komisi E Kongres XII Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) telah menyampaikan laporan yang bersifat final. Salah satunya adalah mengamanatkan kepada semua pimpinan LVRI dari tingkat pusat hingga tingkat ranting harus memiliki satu suara yang mengakui hanya satu Pemuda Panca Marga (PPM), yakni hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Jakarta pada 7-8 September 2019.

Hal itu adalah salah satu hasil final pembahasan Komisi E terkait Pemuda Panca Marga (PPM) yang dibacakan oleh juru bicara Komisi E Kongres XII LVRI DR Ramses dan disetujui serta disahkan oleh semua peserta kongres di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Kongres XII LVRI pada bagian lain pun meminta putra-putri veteran dan Pejuang Republik Indonesia yang ingin bergabung dalam PPM harus memperhatikan pakta integritas. Pakta integritas itu adalah mengakui satu-satunya organisasi PPM adalah hasil Munaslub 2019 yang sekarang dipimpin oleh Berto Izaak Doko serta tidak menuntut konpensasi atau dispensasi jabatan apa pun juga.

"Keputusan ini sudah final serta telah disetujui dan disahkan oleh forum Kongres XII LVRI 2022, sehingga harus dilaksanakan secara konsisten dan bertanggungjawab," kata Ramses yang merupakan Ketua DPD LVRI Provinsi Sumatera Selatan usai menyampaikan laporannya tersebut.

Ketua Umum PPM Berto Izaak Doko mengapresiasi LVRI atas konsistensinya bagi perjuangan PPM, sehingga lebih menguatkan lagi upaya konsolidasi organisasi ke depan.

"Bagi kami, PPM hasil Munaslub yang saya pimpin, semata-mata hanya menjalankan amanat LVRI ketika itu disampaikan oleh almarhum ayahanda Rais Abin (Ketum LVRI ketika itu), agar PPM kembali di bawah naungan LVRI dan tetap berpegang teguh pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PPM," kata Berto saat diminta tanggapannya terkait keputusan tersebut.

Untuk diketahui, Kongres XII LVRI dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Balai Sarbini Plasa Semanggi, Selasa (11/10/2022). Kongres XII LVRI itu juga berhasil memilih Letjen TNI (Purn) Herman Bernhard Leopold (HBL) Mantiri sebagai Ketua Umum LVRI periode 2022-2027.

Secara aklamasi HBL Mantiri disahkan oleh forum kongres setelah Mayjen TNI Purn Saiful Sulun menyatakan mundur dari calon ketua umum yang disampaikan di hadapan peserta kongres.

Usai pengesahan dan penetapan seluruh hasil sidang-sidang komisi, serta pemilihan Ketua Umum LVRI periode 2022-2027, Kongres XII LVRI 2022 ditutup secara resmi oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahanan Mayjen TNI Dadang Hendrayuda.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)