Istana Tak Lakukan Tes Narkoba ke Perwira Polri, Hanya Syaratkan PCR

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:44 WIB
loading...
Istana Tak Lakukan Tes Narkoba ke Perwira Polri, Hanya Syaratkan PCR
Istana Kepresidenan membantah melakukan tes narkoba pada ratusan perwira polisi sebelum mengikuti pengarahan Presiden Jokowi. FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Istana Kepresidenan membantah melakukan tes narkoba pada ratusan perwira polisi sebelum mengikuti pengarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Istana hanya mensyaratkan hasil tes PCR negatif.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, persyaratan bagi perwira Polri untuk mengikuti pengarahan Presiden Jokowi hanya hasil tes PCR. Pelaksanaannya pun dilakukan oleh Polri, sementara Istana hanya menerima hasilnya.

"Ketika persiapan pengarahan Bapak Presiden ke Kapolri, Kapolda, Kapolres, salah satu syaratnya kami minta Kepala Pusat Kesehatan Polri, dilakukan pemeriksaan swab PCR dan dilakukan jajaran Polri sendiri di luar itu Istana tidak ada kewenangannya," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/10/2022).



Heru menjelaskan, hasil tes Covid-19 ratusan perwira Polri itu langsung diberikan kepada Sekretariat Presiden. Dirinya memastikan semua perwira yang hadir tidak terpapar Covid-19. "Dan hasil Covid disampaikan ke Sekretariat Presiden, dan semua dalam kondisi negatif," kata Heru.

Heru menegaskan, hasil tes urin untuk mengecek kadar narkoba tidak pernah diterima Istana. "Tidak tidak kami hanya (menerima) swab PCR," kata Heru.

Terkait kabar 8 perwira yang ditahan, menurut Heru, masyarakat bisa mempertanyakan kepada Polri. "Jadi yang ada info 8, teman media itu bisa dilakukan klarifikasi ke Polri," kata Heru.

Baca juga: Kapolda Jatim Ditangkap Propam Kasus Narkoba, Komisi III DPR: Lebih Cepat Ketahuan Lebih Baik
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0911 seconds (0.1#10.140)