MTQ Nasional ke-29, Kemenag Dirikan Stan Edukasi dan Literasi Manfaat Zakat dan Wakaf

Kamis, 13 Oktober 2022 - 20:22 WIB
loading...
MTQ Nasional ke-29, Kemenag Dirikan Stan Edukasi dan Literasi Manfaat Zakat dan Wakaf
Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag membuka stan edukasi dan literasi mengenai manfaat zakat serta wakaf dalam pelaksanaan MTQ Nasional ke-29 di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Ditzawa) Kementerian Agama ( Kemenag ) membuka stan edukasi dan literasi mengenai manfaat zakat serta wakaf dalam pelaksanaan MTQ Nasional ke-29 di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Stan-stan tersebut menjelaskan peran penting zakat dan wakaf sebagai soko guru ekonomi bangsa.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor mengatakan, stan-stan edukasi yang berada di Alun-alun Cahaya Bumi Slamet Kota Martapura Kalimantan Selatan ini, masyarakat dapat menggali lebih dalam manfaat zakat-wakaf yang sejatinya menjadi penopang ekonomi bangsa dan negara.

”Selain edukasi serta literasi, stan yang dibuka Ditzawa juga menyediakan layanan konsultasi zakat-wakaf kepada para pengunjung,” ujarnya, Kamis (13/10/2022).



Selain itu, kata dia, terdapat juga hasil produk UMKM dari program pemberdayaan masyarakat yang ditampilkan selama MTQ Nasional berlangsung sejak 12-19 Oktober 2022. "Dengan membeli produk-produk UMKM yang ada di pameran ini, maka kita turut membantu memberdayakan perekonomian umat Islam," kata Tarmizi.



Tarmizi mengatakan, program pemberdayaan masyarakat yang sedang berjalan adalah Kampung Zakat, KUA Percontohan Ekonomi Umat, dan Inkubasi Wakaf Produktif. Ketiga produk tersebut akan terus dikembangkan di seluruh wilayah Indonesia. "Akhir November nanti, kita akan launching program Kampung Zakat secara nasional. Nanti Kampung Zakat ada di tiap kabupaten/kota seluruh Indonesia," jelasnya.

Tarmizi berharap, layanan konsultasi yang disediakan akan menambah literasi masyarakat tentang zakat dan wakaf, yang saat ini memang secara umum masih rendah, mengingat masyarakat masih awam dengan zakat-wakaf.

“Alhamdulillah, ribuan masyarakat tertarik dengan edukasi-literasi dan layan konsultasi zakat-wakaf serta stan UMKM dibanjiri pengunjung sejak dibuka. Salah satu yang memantik perhatian pengunjung adalah kehadiran Ibu Eny Retno Yaqut, istri Menteri Agama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di stan Dit Zahwa di mana beliau begitu tertarik memperdalam pengetahuan seputar zakat-wakaf,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)