Komnas HAM Ngaku Kantongi Bukti Video Eksklusif Pintu 13 Stadion Kanjuruhan Terbuka

Rabu, 12 Oktober 2022 - 17:15 WIB
loading...
Komnas HAM Ngaku Kantongi Bukti Video Eksklusif Pintu 13 Stadion Kanjuruhan Terbuka
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengaku mengantongi bukti dan video eksklusif terkait pintu 13 Stadion Kanjuruhan yang terbuka namun kecil saat tragedi berdarah menewaskan 132 suporter Arema FC. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengaku mengantongi bukti dan video eksklusif terkait pintu 13 Stadion Kanjuruhan yang terbuka namun kecil saat tragedi berdarah yang menewaskan 132 suporter Arema FC. Video ini menjawab perdebatan publik soal pintu 13 yang terkunci.

"Kami punya satu video yang eklusif, kalau semalam kita bilang itu salah satu video kunci kami, yang mengatakan bahwa pintu-pintu ini terbuka, termasuk yang perdebatan di pubik yang pintu 13," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam saat konfrensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).



Choirul menuturkan pintu 13 yang terbuka memang kecil sehingga menyebabkan sumbatan penonton yang ingin berlari keluar akibat semprotan gas air mata.

"Pintu 13 terbuka tapi kecil memang keluar masuknya gitu, sehingga memang dititik itulah sumbatan orang enggak bisa bergerak terus karena memang matanya pedas, sesak nafas dan sebagainya, akhirnya banyak menimbulkan jatuh korban," papar Anam.

Sebelumnya, Komnas HAM menjelaskan beberapa temuan yang berhasil didapatkan terkait Tragedi Kanjuruhan Malang termasuk dengan kejadian pilu di pintu 13 stadion.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam menjelaskan berdasarkan video dan keterangan pihaknya menemukan beberapa informasi terkait dibukanya pintu di beberapa tribun, meskipun kecil.

"Berdasarkan video informasi dan keterangan yang diterima oleh Komnas HAM RI ditemukan bahwa kondisi pintu tribun terbuka meskipun yang dibuka adalah pintu kecil termasuk pintu tribun 10, 11, 12, 13 dan 14," ujarnya kepada wartawan Rabu (12/10/2022).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)