Sandiaga Uno Ajak Pengusaha UMKM Berkolaborasi di Tengah Pandemi Corona

Minggu, 05 Juli 2020 - 17:14 WIB
loading...
A A A
"Seorang entrepreneur itu harus siap gagal tapi juga harus tetap berharap yang terbaik dan mempunyai action plan. Selain itu, belajar dari pengusaha lain yang sudah lebih dulu sukses. Gimana sih cara mereka untuk mencapai kesuksesan itu? Kita tuh harus sering-sering berinteraksi dengan seseorang yang bisa menginspirasi dan bisa dijadikan mentor untuk sharing-sharing ilmu," jelas Dayu.

Hal senada disampaikan Shierly, bahwa bukan hanya pengusaha, pada masa pandemi saat ini penting untuk tetap 'sehat' secara finansial dengan cara melakukan resolusi keuangan. Menurutnya, resolusi keuangan ini bisa dimulai dengan membuat prioritas untuk kebutuhan yang memang benar-benar penting.

"Kita harus melakukan financial detox. Bisa dimulai dengan menentukan tujuan keuangan kita secara spesifik, terukur dan realistis. Kemudian rutin melakukan pencatatan cash flow dan juga aset yang kita miliki," jelasnya.

Selain itu, masyarakat diminta melakukan transformasi cara mengelola uang dan mencari teman yang memiliki habit keuangan yang sehat serta tidak boros. "Terakhir, kita harus belajar untuk berinvestasi agar uang kita bisa berkali-kali jumlahnya," terang Shierly.

Selain itu, Shierly menambahkan bahwa yang tidak kalah penting adalah melakukan investasi untuk otak. "Salah satu caranya dengan mengikuti kelas-kelas pelatihan online yang diadakan oleh Rumah Siap Kerja," pungkasnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)