Putin dan Zelensky Bakal Hadir di G20, Menlu: Sejauh Ini Respons Masih Positif

Selasa, 11 Oktober 2022 - 18:22 WIB
loading...
Putin dan Zelensky Bakal Hadir di G20, Menlu: Sejauh Ini Respons Masih Positif
Menlu Retno Marsudi memastikan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bakal hadir pada acara Presidensi G20 di Bali. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bakal hadir pada acara Presidensi G20 di Bali.

"Sejauh ini, respons masih sangat positif. Jadi insyaallah, kalau pertanyaannya mengenai tingkat kehadiran, kita tidak khawatir," ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Retno mengatakan, pihaknya terus menjalin komunikasi terhadap dua kepala negara tersebut. Namun, dirinya menekankan situasi dunia saat ini dinamis. "Sekali lagi, kita harus paham ya teman-teman, situasi dunia sedang saat ini dinamis. Tantangan dunia sedang sangat tinggi dan situasi tidak lebih mudah tapi menjadi lebih sulit. Komunikasi kita terus kita lakukan," kata Retno.



Retno memastikan, pemerintah Indonesia telah berupaya maksimal untuk mengundang negara -negara lain agar bisa datang di G20. “Sekali lagi situasi dinamis, perubahan cepat sekali. Jadi upaya kita maksimal sebagai Presidensi G20 telah kita lakukan dan kita terus melakukan upaya yang maksimal,” ucapnya.



Selain itu, Retno mengatakan, hal lebih penting lainnya yang perlu diperhatikan yakni Presidensi G20 harus menghasilkan kerja sama yang sifatnya konkret.

”Jadi bagaimana konkret deliverable itu bisa kita garap, kita bisa hasilkan. Kalau diliat dari konkret deliverables saya tidak pesimistis. Kita optimistis akan tetap menghasilkan proyek-proyek kerja sama yang sifatnya konkret, bermanfaat tidak hanya negara peserta G20 tetapi juga masyarakat dunia. Jadi kita tetap konsentrasi konkret deliverables kita terus bekerja," ungkapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)