Bertemu Wapres, Dubes Amerika Serikat Dukung Kepemimpinan Indonesia di Presidensi G20

Selasa, 11 Oktober 2022 - 15:50 WIB
loading...
Bertemu Wapres, Dubes Amerika Serikat Dukung Kepemimpinan Indonesia di Presidensi G20
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Kim bertemu dengan Wapres KH Maruf Amin. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Kim memastikan dukungan Amerika Serikat untuk Presidensi atau kepemimpinan Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Hal itu diungkapkan Kim usai bertemu Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin di Istana Wapres.

“Saya menyatakan bahwa menghormati dan mendukung presidensi atau kepemimpinan Indonesia di G20,” kata Kim, Selasa (11/10/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Kim mengatakan ada beberapa hal yang dibahas salah satunya hubungan Indonesia dengan Amerika. “Kami membahas, diskusi mengenai bagaimana kita bisa bekerja sama dengan baik sekali untuk memanfaatkan momentum yang positif dari hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat,” katanya.

Baca juga: Menko Airlangga Jelaskan Peran Indonesia Menjaga Konektivitas dan Rantai Pasok Global

Selain itu, Kim mengapresiasi partisipasi Indonesia pada forum global Indo-Pasific Economic Framework untuk peningkatan kerja sama di bidang ekonomi di kawasan Indo-Pasific. “Itu juga termasuk partisipasi Indo-Pasific Economic Framework itu sesuatu yang kita sambut baik. Kami juga membahas kemitraan keamanan di bidang keamanan yang kuat antara Indonesia dengan AS,” papar Kim.

Baca juga: Situasi Bali Kondusif, KTT G20 Diyakini Aman dari Gangguan Terorisme

Kim juga mengatakan bahwa ada potensi untuk memperluas hubungan bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat.“Kami sepakat bahwa ada potensi yang luar biasa untuk memperluas hubungan bilateral kedua negara kita dan saya menantikan untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah Indonesia termasuk dengan Bapak Hadi (Direktur Jenderal Amerika dan Eropa (Amerop), Umar Hadi) untuk memperdalam Indonesia-Amerika,” papar Kim.

Kim menambahkan, Amerika mengapresiasi toleransi dan keberagaman di Indonesia. “Saya juga mengekspresikan rasa hormat terhadap toleransi dan keberagaman yang dimiliki di Indonesia,” ucapnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1454 seconds (10.177#12.26)