Ini 5 Komandan Kopassus dengan Masa Jabatan Terlama

Selasa, 11 Oktober 2022 - 16:30 WIB
loading...
Ini 5 Komandan Kopassus dengan Masa Jabatan Terlama
Sosok Mayjen TNI (Purn) Mung Parahadimulyo. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Kopassus atau Komando Pasukan Khusus merupakan salah satu pasukan elite yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dalam riwayatnya, Korps Baret Merah memiliki banyak pencapaian dan kontribusi yang membanggakan. Selain itu, mereka juga mempunyai para pemimpin yang disegani dan dihormati.

Baca juga : Pertama Dalam Sejarah Korps Baret Merah, Ayah dan Anak Jabat Danjen Kopassus

Dari sekian banyak Komandan Kopassus yang pernah terpilih, beberapa di antaranya memiliki masa jabatan paling lama dibandingkan lainnya. Siapa sajakah mereka?

Berikut lima komandan Kopassus dengan masa jabatan terlama.

1. Mung Parahadimulyo

Sosok Mayjen TNI (Purn) Mung Parahadimulyo mungkin sudah tak asing lagi di kalangan TNI, khususnya Korps Baret Merah. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 11 Januari 1925 ini pernah menjabat sebagai Komandan RPKAD (cikal bakal Kopassus), tepatnya sekitar tahun 1958 hingga 1964.

Mung Parahadimulyo memiliki sepak terjang yang cukup cemerlang di militer. Sebut saja seperti menjadi Komandan Kompi IV Batalyon Nasuhi, Brigade Samsu, Divisi Siliwangi (1949), Komandan Pasukan Tengkorak (Danyonif Linud 305), hingga Komandan RPKAD sejak 1958.

Dari sekian banyak Komandan Kopassus hingga kini, Mung Parahadimulyo menjadi salah satu yang terlama dengan masa jabatan kurang lebih 6 tahun (1958-1964).

2. Witarmin
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)