Sandiaga Uno Yakin Makin Banyak Produk UMKM Lokal Dilirik Konsumen Luar Negeri

Senin, 10 Oktober 2022 - 18:53 WIB
loading...
Sandiaga Uno Yakin Makin Banyak Produk UMKM Lokal Dilirik Konsumen Luar Negeri
Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di AEON Mall Kabupaten Tangerang, Banten, resmi ditutup pada Minggu (9/10/2022) malam oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Foto/Isty Maulidya
A A A
TANGERANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yakin makin banyak produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal dilirik konsumen luar negeri. Hal itu dikatakan saat menutup Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di AEON Mall Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (9/10/2022) malam.

Menurut Sandiaga, total transaksi acara tersebut belum dipastikan karena hingga acara ditutup malam tadi masih dihitung. "Tapi saya rasa akan tembus 50 persen dari target, seperti tahun lalu itu Rp16-32 miliar. Untuk tahun ini saya rasa lebih dari itu," kata Sandi.

Sandiaga juga yakin bahwa selama gelaran AKI 2022 ini semakin banyak UMKM lokal yang dilirik konsumen dalam negeri bahkan hingga konsumen luar negeri.

"Ada peserta yang cerita, keuntungan dia selama empat hari di sini melebihi keuntungan dia selama satu bulan. Ada juga yang didatangi oleh konsumen, pesan batik 400 buah dan minta warna khusus. Ternyata konsumennya itu dari Kedutaan Besar Inggris, ini luar biasa sekali," ungkap Sandi.



Sandiaga pun berharap gelaran AKI kali ini menjadi harapan baru bagi pelaku usaha lokal bisa melebarkan bisnisnya dan mampu menyerap banyak tenaga kerja. "Saya yakin dan optimistis kita bisa melalui tantangan global berupa inflasi dan resesi, serta dapat mengawal kebangkitan Indonesia," pungkas Sandi.

Diketahui, Pekan Puncak Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 digelar di AEON Mall Tangerang sejak empat hari lalu. Acara ini merupakan puncak rangkaian kegiatan yang telah digelar di 16 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Ada 16 jenis UMKM dari 16 daerah yang telah disaring dan ditampilkan dalam pameran ini.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2248 seconds (0.1#10.140)