Tutup Pameran AKI 2022, Sandiaga Optimistis Jumlah Transaksi Naik dari Tahun Lalu

Senin, 10 Oktober 2022 - 01:40 WIB
loading...
Tutup Pameran AKI 2022, Sandiaga Optimistis Jumlah Transaksi Naik dari Tahun Lalu
Menparekraf Sandiaga Uno menutup puncak pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di AEON Mall Kabupaten Tangerang. Foto/MPI
A A A
TANGERANG - Pekan puncak pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di AEON Mall Kabupaten Tangerang, resmi ditutup Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada Minggu (9/10/2022) malam. Selama empat hari berlangsung, Sandiaga yakin jumlah transaksi meningkat dibanding tahun sebelumnya.

"Total transaksi belum dipastikan karena sampai malam ini masih dihitung. Tapi saya rasa akan tembus 50% dari target, seperti tahun lalu itu Rp16-32 miliar. Untuk tahun ini saya rasa lebih dari itu," ujar Sandiaga Uno.

Selain meyakini jumlah transaksi yang meningkat, Sandiaga juga yakin selama gelaran AKI 2022 ini semakin banyak UMKM lokal yang dilirik konsumen bahkan hingga konsumen luar negeri. Tak hanya itu, ada juga peserta yang mengaku mendapatkan keuntungan puluhan kali lipat, bahkan adajuga yang mendapat investor.

Baca juga: Menparekraf: Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia Lahirkan Bali Roadmap

"Ada peserta yang cerita, keuntungan dia selama empat hari di sini melebihi keuntungan dia selama satu bulan. Ada juga yang didatangi oleh konsumen, pesan batik 400 buah dan minta warna khusus. Ternyata konsumennya itu dari kedutaan besar Inggris, ini luar biasa sekali," lanjutnya.

Baca juga: Bangun Kelangsungan Usaha, Sandiaga Dampingi Pelaku Ekraf Bertransformasi

Untuk itu, Sandiaga berharap dengan adanya gelaran AKI ini menjadi harapan baru bagi pelaku usaha lokal bisa melebarkan bisnisnya dan mampu menyerap banyak tenaga kerja. "Dengan geliat tadi, saya yakin dan optimistis kita bisa melalui tantangan global berupa inflasi dan resesi, serta dapat mengawal kebangkitan Indonesia," katanya.

Sebelumnya diketahui bahwa Pekan Puncak Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 digelar di AEON Mall Tangerang sejak empat hari lalu. Acara ini merupakan puncak rangkaian kegiatan yang telah digelar di 16 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Ada 16 jenis UMKM dari 16 daerah yang telah disaring dan ditampilkan dalam pameran puncak AKI 2022.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1953 seconds (11.97#12.26)