Perjuangkan Perdamaian, Ketua MPR Ukraina Bertemu Puan dan Airlangga

Minggu, 09 Oktober 2022 - 10:54 WIB
loading...
A A A
Menurut dia, kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia pada Juni lalu dilakukan untuk membawa pesan perdamaian. Kunjungan tersebut, ungkap dia, juga mempromosikan safe passage (jalur biji-bijian) di bawah the Black Sea Initiative untuk pangan dan pupuk dari Ukraina.

Mantan Menko PMK itu berharap, negara lain menghormati the Black Sea Initiative untukmengurangi dampak perang terhadap rantai pasokan global. Ukraina sendiri menjadi pemasok gandum terbesar kedua ke Indonesia.

Dalam berbagai pertemuan dengan pimpinan parlemen lain, Puan terus mendorong agar dunia internasional untuk tetap mendukung jalur dialog dan diplomasi sebagai, salah satu upaya menghentikan perang Ukraina dan Rusia.

Selaku Ketua Majelis Sidang Umum IPU ke-144, Puan mengingatkan hasil Sidang Umum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali pada Maret lalu yang sepakat membentuk IPU Task Force on Ukraine di mana Indonesia menjadi salah satu inisiatornya. Satuan Tugas dari IPU diharapkan dapat menjadi mediator perbedaan antara pihak yang berkonflik.

"Sebagai tindak lanjut dari hal itu Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR berangkat ke Ukraina pada Juli lalu untuk membuka kanal dialog demi mengakhiri konflik dimana hasil kunjungan ke Ukraina tersebut di hadapan Sidang Umum IPU ke-145 yang akan digelar di Kigali, Rwanda pada Oktober 2022," tuturnya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meyakinkan Olena Kondratiuk, bahwa Ukraina adalah mitra penting bagi Indonesia, termasuk di sektor pertanian selain tentu saja Indonesia menganut prinsip politik anti-kolonial yang dikenal dengan Gerakan Non-Blok.

Menko Perekonomian tersebut berharap, keikutsertaan delegasi MPR Ukraina dalam KTT G20 akan semakin mendekatkan upaya mengatasi tantangan yang dihadapi Ukraina. Pihaknya juga menjamin pengiriman delegasi Partai Golkar dalam KTT Parlemen Platform Krimea di Zagreb, Kroasia.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)