Peluang Dampingi Anies di Pilpres 2024 Besar, AHY Tinggal Tunggu Kerelaan PKS

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 06:02 WIB
loading...
Peluang Dampingi Anies di Pilpres 2024 Besar, AHY Tinggal Tunggu Kerelaan PKS
Peluang Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Anies Baswedan di Pilpres 2024 dinilai terbuka lebar. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Peluang Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Anies Baswedan di Pilpres 2024 dinilai terbuka lebar. Hal itu terlihat pertemuan yang berlangsung hangat ketika Anies menyambangi Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (7/10/2022) pagi.

Pengamat Politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Nyarwi Ahmad mengatakan sikap Anies yang mengapresiasi sambutan hangat dari jajaran pengurus Partai Demokrat membuka jalan untuk berduet dengan AHY. Apalagi, Anies yang merupakan bacapres Nasdem secara terbuka menyampaikan siap untuk berjalan bersama-sama ke depannya. Baca juga: AHY: Sosok Anies Sudah Dekat dengan Demokrat Sejak 2013

"Pernyataan itu menurut saya bisa juga dianggap sebagai kode yang mengindikasikan peluang AHY untuk bisa mendampingi Anies Baswedan sebagai cawapres makin besar," ujar Nyarwi dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Sabtu (8/10/2022).



Apalagi, kata dia, Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh yang mengumumkan pendeklarasian Anies Baswedan beberapa hari lalu telah memberikan semacam hak prerogratif kepadanya untuk menentukan cawapresnya.

"Dari aspek personaliti, keduanya juga tampak memiliki 'chemistry' yang kuat," ucapnya.

Namun, Nyarwi berpandangan bahwa sinyalemen itu tentu hanya salah satu indikasi saja yang menandakan peluang AHY sebagai cawapresnya Anies makin menguat. Ada dua faktor-faktor lain juga yang bisa menjadi penentu peluang AHY untuk mendampingi Anies dalam bursa Pilpres 2024.

"Pertama dukungan dari parpol-parpol lain yang potensial menjadi mitra koalisi Nasdem, khususnya PKS," tuturnya.

Ia pun mempertanyakan sikap PKS apakah akan rela kehilangan tiket cawapres jika Anies memilih AHY sebagai pendampingnya. Sebab, PKS juga merupakan salah satu tipikal partai di Indonesia yang dikenal sebagai partai kader, selain PDIP.

"Kalau melihat kecenderungan seperti ini, maka nasib AHY untuk menjadi cawapres Anies, akan berada di tangan pimpinan PKS, khususnya Majelis Syuro PKS," katanya.

Faktor kedua, menurut dia, adalah daya ungkit elektabilitas AHY sebagai cawapres jika nantinya dipilih Anies. Merujuk dari data-data survei yang dirilis oleh lembaga-lembaga riset kredibel, akselerasi tingkat elektabilitas AHY sebagai capres maupun cawapres dianggapnya masih cukup datar. Baca juga: Momen Keakraban Anies dan AHY di Kantor DPP Demokrat

"Jika elektabilitas AHY sebagai sosok cawapres, beberapa bulan ke depan bisa lebih 'meroket', maka peluang dia tentu akan lebih besar untuk dipilih sebagai cawapres Anies," tutup Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) itu.
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1957 seconds (11.210#12.26)