alexametrics

Komisi IV DPR Apresiasi Kementerian LHK Rehabilitasi Hutan dan Lahan

loading...
Komisi IV DPR Apresiasi Kementerian LHK Rehabilitasi Hutan dan Lahan
Menteri LHK, Siti Nurbaya melakukan kunjungan lapangan ke KPH Majalengka, Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Pancur, Kabupaten Majalengka, Sabtu (4/7/2020). Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya melakukan kunjungan lapangan ke Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Majalengka, Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Pancur, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (4/7/2020).

(Baca juga: Polri Tetapkan 69 Pelaku Pembakaran Lahan dan Hutan Seluas 261,4875 Hektare)

Dalam kegiatan ini, Siti Nurbaya didampingi Sekjen Kementerian LHK, Bambang Hendroyono, Plt Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (DASHL) Hudoyo, dan Ka Badan Penyuluhan, bersama anggota Komisi IV DPR, Sutrisno. Kunjungan ini merupakan peninjauan sekaligus supervisi kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan pada kawasan tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi program-program Kementerian LHK yang memberdayakan masyarakat. Program sangat baik dan direspons masyarakat. Dan saya menyaksikan bahwa program Kementerian LHK dimasa Covid-19 telah berjalan di masyarakat, seperti Bank Pesona yang memberdayakan masyarakat. Jika rakyat diberdayakan, saya yakin hutan akan dijaga masyarakat, saya mendukung program Bank Pesona untuk diperluas," kata Sutrisno.



Sutrisno mengungkapkan, jika selama 10 tahun menjadi Bupati Majalengka sebelum menjadi Anggota DPR dirinya mengenal kawasan di sekitar lokasi kunjungan ini dengan wilayah yang berbatu dan belum tertata secara baik. (Baca juga: Pemerintah Klaim Kebakaran Hutan dan Lahan Berhasil Diminimalisir)

"Majalengka secara umum mempunyai lokasi-lokasi yang strategis dikembangkan untuk wisata alam. Dia mengapresiasi kebijakan Presiden Jokowi yang memberikan akses kepada masyarakat untuk pemanfaatan hutan," ucap Sutrisno.



Siti Nurbaya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan Komisi IV DPR untuk Kementerian LHK. Siti pun meminta jajarannya agar semakin meningkatkan keberhasilan upaya rehabilitasi lahan dengan melibatkan masyarakat. "Masyarakat harus diberikan keuntungan secara ekonomi dari menanam pohon," ujarnya.

Siti menjelaskan, saat ini pemerintah sedang menyelesaikan peraturan terkait Nilai Ekonomi Karbon dengan beberapa kementerian/lembaga lainnya. "Kegiatan RHL ini ada aspek ekonominya, yaitu dari karbon. Masyarakat harus diberi tahu menanam pohon bisa mendapat keuntungan ekonomi dari karbon, Kementerian LHK harus selalu hadir untuk masyarakat di dalam dan sekitar hutan," tegas Siti Nurbaya
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak