Survei SSI Ungkap Banyak Pendukung NasDem Pilih Prabowo

Selasa, 04 Oktober 2022 - 11:16 WIB
loading...
Survei SSI Ungkap Banyak Pendukung NasDem Pilih Prabowo
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunjungi Pondok Pesantren Api Asri Syubbanul Wathon, Tegalrejo, Magelang, Jumat (23/10/2022). FOTO/KONTRIBUTOR MPI
A A A
JAKARTA - Pendukung Partai Nasdem diketahui banyak yang memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024. Hal ini diketahui dari hasil survei terbaru Skala Survei Politik (SSI).

Survei SSI diselenggarakan pada 23 hingga 29 September 2022 dengan jumlah sampel 1.200 responden. Sampel tersebar di 34 provinsi dengan teknik pemilihan menggunakan multistage random sampling. Dari seluruh responden, 4,1% di antaranya mengaku sebagai pemilih Partai NasDem.

Saat mereka disodorkan 10 nama capres yang akan dipilih dalam Pilpres, di antara memilih antara Prabowo dan Anies Baswedan. Bahkan, mereka berdua memperoleh suara yang sama.

Baca juga: Elektabilitas Tinggi, Survei: Peluang Prabowo Menang di Pilpres 2024 Terbuka Lebar

Pendukung NasDem yang memilih Prabowo sebanyak 40,8%, begitu juga dengan yang memilih Anies sebanyak 40,8%. Di urutan ketiga diisi oleh Ganjar dengan 4,1% suara. Sedangkan untuk 7 nama lainnya hanya dipilih 2% pemilih NasDem atau kurang.

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim menyebutkan Prabowo memiliki peluang besar untuk memperoleh tiket sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

"Mengacu pada potret saat ini, sepertinya Prabowo Subianto yang berada pada posisi paling nyaman untuk mendapatkan tiket pencapresan," kata Abdul saat memaparkan hasil survei berjudul "Peta Politik Nasional 12 Bulan Jelang Pendaftaran Capres" di kantor SSI, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dari sisi elektoral melalui tolok ukur survei, kata Abdul, hingga saat ini ada tiga tokoh Indonesia yang selalu masuk dalam tiga besar kandidat yang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi, di mana Prabowo Subianto unggul di antara Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Dalam survei SSI pada Oktober ini, elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 30,3%, disusul Ganjar sebesar 22,3%, dan Anies sebesar 20,8%. Tiga kandidat ini menjadi kelompok terdepan dalam balapan menuju 2024 dari sisi elektabilitas," katanya.

Menariknya, NasDem baru saja mendeklarasikan Anies menjadi capres usungannya untuk Pilpres 2024. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membacakan sendiri deklarasi tersebut.

Di sisi lain, Prabowo merupakan capres tunggal usungan Partai Gerindra. Saat ini, Gerindra berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Untuk NasDem, mereka dekat dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1339 seconds (10.177#12.26)