Elektabilitas Tinggi, Survei: Peluang Prabowo Menang di Pilpres 2024 Terbuka Lebar

Selasa, 04 Oktober 2022 - 10:23 WIB
loading...
Elektabilitas Tinggi, Survei: Peluang Prabowo Menang di Pilpres 2024 Terbuka Lebar
Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim menilai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki peluang besar untuk memenangi Pilpres 2024. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai memiliki peluang besar untuk memenangi Pilpres 2024 . Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim.

"Mengacu pada potret saat ini, sepertinya Prabowo Subianto yang berada pada posisi paling nyaman untuk mendapatkan tiket pencapresan," ujar Abdul saat memaparkan hasil survei berjudul "Peta Politik Nasional 12 Bulan Jelang Pendaftaran Capres" di kantor SSI, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dari sisi elektoral melalui tolok ukur survei, kata Abdul, hingga saat ini ada tiga tokoh Indonesia yang selalu masuk dalam tiga besar kandidat yang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi, di mana Prabowo Subianto unggul di antara Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Dalam survei SSI pada Oktober ini, elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 30,3 persen, disusul Ganjar sebesar 22,3 persen dan Anies sebesar 20,8 persen. Tiga kandidat ini menjadi kelompok terdepan dalam balapan menuju 2024 dari sisi elektabilitas," jelasnya.

Kemudian, di posisi empat ada Ridwan Kamil yang memiliki tingkat elektabilitas sebesar enam persen, lalu Sandiaga Uno sebesar 3,5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,3 persen Puan Maharani 2,4 persen dan Erick Thohir sebesar 2,3 persen.

Dari nama-nama peraih elektabilitas tertinggi itu, lanjut Abdul, jika dilihat dari sisi potensi mendapatkan tiket pencapresan dari sembilan partai politik (parpol) yang berkursi di DPR RI, baru Prabowo dan Anies saja yang telah dideklarasikan secara resmi oleh partai politik sebagai capres.

"Yakni Prabowo Subianto dari Partai Gerindra dan Anies Baswedan dari Partai Nasdem. Sementara itu, dua lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil hingga saat ini belum ada parpol yang secara resmi akan mencapreskan mereka," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)