Jokowi Instruksikan Pemerintah Pusat dan Daerah Kompak Atasi Kemiskinan Ekstrem

Kamis, 29 September 2022 - 18:23 WIB
loading...
Jokowi Instruksikan Pemerintah Pusat dan Daerah Kompak Atasi Kemiskinan Ekstrem
Presiden Jokowi menginstruksikan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menangani kemiskinan ekstrem. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menginstruksikan pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) bekerja sama dalam menyalurkan bantuan untuk warga miskin. Menurut Jokowi, data kemiskinan sudah sangat jelas hanya penyalurannya yang harus tepat sasaran.

"Mengenai kemiskinan ekstrem. Data sudah jelas, ada. Datanya ada. Di daerah-daerah ada semua datanya. Artinya sasarannya jelas. By name, by address semuanya ada. Nama, alamat semuanya ada," ujar Jokowi dalam arahannya di JCC, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

"Kalau kita bareng-bareng pusat dan daerah bareng-bareng menuju ke sasaran yang kita tuju, ligkungannya digarap, air bersihnya digarap bareng-bareng. Urusan income, pendapatan digarap bareng-bareng," imbuhnya.



Kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dicontohkan Jokowi pada saat penanganan pandemi Covid-19. Hal itu dikarenakan sasaran vaksinasi yang sesuai dengan target yang telah disepakati.



"Wong sasarannya ada kok, jelas nama dan alamat. Bansos ke sana arahkan, pada perbaikan rumah-rumah kumuh arahkan juga ke sana," kata Jokowi.

Maka dari itu, Jokowi meminta pemerintah pusat dan daerah saling bahu-membahu untuk dapat menyalurkan bansos secara tepat sasaran untuk mengurangi kemiskinan ekstrem.

"Kalau nama dan alamatnya enggak jelas itu kita kesulitan. Ini ada semuanya. Inilah yang sekali lagi kita kompak bareng-bareng untuk menuju pada sasaran yang kita inginkan," tegasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)