Frustasi atau Frustrasi? Ini yang Benar dan Baku Menurut KBBI

Sabtu, 24 September 2022 - 13:18 WIB
loading...
Frustasi atau Frustrasi? Ini yang Benar dan Baku Menurut KBBI
Frustasi atau frustrasi? Ini yang benar dan baku menurut KBBI. Ilustrasi/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Frustasi atau frustrasi? Mana kata yang benar dan baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)? Berikut ini penjelasannya.

Dalam percakapan sehari-hari, kita mungkin sering mendengar atau menggunakan kata frustasi untuk menggambarkan rasa kecewa akibat kegagalan dalam mengerjakan sesuatu. Begitu pula saat menulis atau membaca, sering kita menggunakan atau menemukan kata frustasi tersebut.

Ternyata, setelah dicek di KBBI Daring, ketika kita memasukkan kata frustasi, akan diinformasikan bahwa kata tersebut merupakan kata tidak baku dari kata frustrasi. Perhatian, ada dua huruf 'r' di kata tersebut.

Apa makna kata frustrasi menurut KBBI? Kata frustrasi tersebut bermakna 'rasa kecewa akibat kegagalan di dalam mengerjakan sesuatu atau akibat tidak berhasil dalam mencapai suatu cita-cita. Kata ini diserap dari kata dalam bahasa Inggris: frustration.

Berikut ini contoh penggunaan kata frustrasi: Frustrasi dapat timbul apabila jurang antara harapan dan hasil yang diperoleh tidak sesuai.

Lihat Juga: Jarang Diketahui, Ini 6 Kosakata Unik Bahasa Indonesia

Nah, sekarang sudah tahu kan bahwa rasa kecewa akibat kegagalan di dalam mengerjakan sesuatu atau akibat tidak berhasil dalam mencapai suatu cita-cita disebut frustrasi, bukan frustasi. Semoga bermanfaat.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)