Mencegah Kekerasan di Pesantren

Jum'at, 23 September 2022 - 17:41 WIB
loading...
A A A
Tanpa sanksi yang tegas dan berat, perundungan di pesantren akan terus berulang. Maka tugas orangtua juga semestinya adalah selalu mengingatkan anak-anak mereka agar welas asih terhadap teman-temannya di pesantren.

Orangtua tidak boleh melakukan kekerasan terhadap anak. Orangtua tidak boleh sepenuhnya pasrah kepada ustaz dan kiyai, lalu tidak memberikan nasihat-nasihat atau pendidikan kepada anak-anaknya.

Dukungan Semua Pihak
Pesantren sangat potensial terhadap kekerasan antarsantri sehingga yang dibutuhkan tidak hanya aturan selevel menteri atau pesantren tetapi dukungan pengasuh yang kompeten, pengawasan, evaluasi, dan penegakkan aturan yang semestinya. Komitmen pengawasan dan penegakkan aturan pesantren dijalankan oleh kiai.

Hal ini bukan berarti pesantren hanya mau mendidik santri-santri yang baik, tapi agar mereka belajar bertanggung jawab atas perbuatannya, dan memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi santri-santri lainnya. Peristiwa ini juga pelajaran bagi para orangtua bahwa mereka juga masih dibutuhkan sebagai pendidik utama anak-anak mereka.

Terakhir, kiai memiliki peran besar dalam pembentukan karakter santri. Hal ini diakui dalam UU Pesantren Pasal 9, bahwa kiai sebagai pengasuh, figur, dan teladan dalam penyelenggaraan pesantren.

Diharapkan kiai menaruh perhatian besar atas potensi kekerasan senior-yunior di pesantren sehingga selalu mendakwahkan pentingnya welas asih kepada para santri. Bahwa pesantren tidak menoleransi sikap kekerasan, bahkan andai baru niat sekalipun.

Pengasuhan, figur, dan keteladanan kiai diharapkan mampu meredam jiwa anarkis, dendam, dan pemarah santri tertentu yang sedang dalam fase pertumbuhan menjadi manusia dewasa. Bisa jadi jiwa santri yang buruk ini merupakan bawaan dari rumah atau pengaruh buruk lingkungan sebelumnya, atau mungkin juga ada kultur kekerasan di pesantren atau sekolah berasrama yang disadari atau tidak disadari.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin Umar r.a., Rasulullah SAW bersabda: ”Orang-orang yang berbelas kasih akan mendapatkan belas kasih dari (Allah) Yang Maha Pengasih. Karena itu, berbelas-kasihlah kepada setiap makhluk di bumi, niscaya “penduduk langit” akan mengasihimu.”

Baca Juga: koran-sindo.com

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)